IYL-Cakka: Semua Nomor Baik, Tapi Angka 4 Punya Banyak Makna

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) mendapatkan nomor urut empat di Pilgub Sulsel Juni 2018 mendatang.

Meski semua nomor di mata pasangan “Mister Komitmen” ini baik, tapi angka empat punya banyak makna, baik untuk keduanya maupun bagi Sulawesi Selatan.


Apa makna angka empat di mata pasangan ini? Berikut uraian singkat Ichsan Yasin Limpo kepada wartawan dan relawannya di Rumah Kita, Jalan Hertasning.

1. APPAKABAJI

APPAKABAJI memiliki makna memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi pengabdian. Angka dan istilah ini juga pernah digunakan Ichsan saat maju di periode keduanya di Pilkada Gowa 2010.

2. APPAKALEBBI
APPAKALEBBI atau mappakalebbi merupakan bahasa Bugis yang memiliki makna santun, rendah hati. Istilah ini juga melekat ke IYL-Cakka yang dikenal merakyat, dan peduli aksi kemanusiaan.

3. 2 + 2 = 4
Angka empat ini juga bisa dimaknai IYL maupun Cakka masing-masing dua periode menjadi bupati. Jika digabung maka jumlahnya empat.

4. PUNYA EMPAT ANAK
Baik Ichsan maupun Cakka masing-masing punya empat anak.

5. EPPA SULAPA’
EPPA Sulapa’ memiliki makna yang tidak bisa dipisahkan dengan Sulsel. Mengingat, Eppa Sulapa’ ini memayungi etnis di Sulsel. Bugis, Makassar, Mandar, Luwu/Toraja.

6. ANGKA TERTINGGI
Empat merupakan angka tertinggi dari empat pasangan di Pilgub Sulsel. Ditambah lagi, pilgub kali ini diikuti empat pasangan.

7. ANGKA KEBERUNTUNGAN
Meski IYL-Cakka menempatkan semua nomor baik, tapi bagi sebagian orang, angka empat juga sering dimaknai angka keberuntungan.###

Comment