Video NA “Enggan Salami” IYL dan TBL, Netizen: SombongNA

oleh

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Video yang memperlihatkan sikap Nurdin Abdullah (NA) yang terkesan enggan menyalami pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dan Tanribali Lamo (TBL), mendadak viral di sosial media, dan menjadi perbincangan publik.

Betapa tidak, di video yang berdurasi sekitar 37 detik itu, NA nampak mengabaikan isyarat IYL dan Cakka maupun TBL yang ingin menyalaminya di sela-sela pencabutan nomor urut empat pasangan di Pilgub Sulsel di Ballroom Four Point By Sheraton, Makassar, Selasa 13 Februari 2018.

Padahal saat naik ke panggung tempat pengundian, NA yang menggunakan istilah “professor” terlihat tersenyum menyalami pasangannya Andi Sudirman Sulaiman, lalu Aziz Qahhar dan Nurdin Halid.

Begitu juga menyalami komisioner KPU lalu melewati IYL-Cakka dan TBL seolah “membuang” pandangannya dari tiga rivalnya itu.

IYL dan Cakka yang melihat NA berjalan tepat dibelakangnya, terekam membalikkan badan yang mengisyaratkan ingin menyalami mitra berdemokrasinya itu. Hanya saja, NA langsung berlalu. Begitu pun isyarat yang ditunjukkan TBL juga tak “direspons”.

Usai menyalami komisioner dan melewati IYL-Cakka maupun TBL, NA kemudian berdiri tepat di samping IYL. Lagi-lagi, NA tak memberi respons dan langsung mengambil nomor urut yang terlipat di depannya.

Aksi tidak terpuji ini langsung menjadi perbincangan, baik di group Whatsaap umum, maupun di sosial media. Sebagian sangat menyayangkan sikap NA yang dinilai tidak mempertontonkan budaya Bugis-Makassar.

“Contoh pemimpin yang tak patut ditiru,” tulis netizen Riri Amril Nur mengomentari video yang di share di group facebook pilkada serentak.

Beberapa pengguna sosial media juga tak mau ketinggalan mengkritisi sikap NA tersebut. Seperti akun atas nama Tri yang menganggap sikap tersebut mencerminkan kesombongan dan keangkuhan.

“Angkuh, arogan, sombong, dan tak ada rasa hormat di hampir semua lawan-lawannya. Ckckck,” tulisnya sambil ikut dikomentari netizen lainnya.

“Percuma belajar sopan santun di Jepang, ternyata sombong,” tambah pemilik akun Arung Tiro yang di like beberapa netizen.

Pemilik akun Irfan Alam ikut mengingatkan agar kandidat tetap memberi teladan ke rakyat. “Ini Sulsel. Dimana pemimpin itu harus memberi contoh yang baik ke masyarakat,” katanya.

Hingga pukul 23.00 Wita, sudah ada ratusan netizen yang memberi komentar menanggapi sikap NA tersebut. Bahkan ada yang menyebutnya dengan menggunakan akronim dibelakang. Seperti “TampoNA”, “SombongNA”, “PendendamNA”.

Tidak sedikit netizen mengingatkan NA agar tak baper berpolitik. “Jangan baper kalau berpolitik,” sindir pemilik akun Ari.

Tinggalkan Balasan