Mahasiswa KKN Profesi FKM UMI Rutin Penyuluhan Kesehatan di Sekolah

oleh
Dr. Muh. Ikhtiar S.KM., M.Kes

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) melangsungkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi di 11 Puskesmas yang ada di kota Makassar.

Dalam melakukan kegiatannya, mahasiswa tidak hanya fokus pada program mereka dalam ruang lingkup Puskesmas saja. Melainkan, juga melakukan penyuluhan kesehatan di wilayah sekitar Puskesmas.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FKM UMI, Dr. Muh. Ikhtiar S.KM., M.Kes menyampaikan, mahasiswa KKN Profesi yang berada di Puskesmas Antara, Jalan Perintis Kemerdekaan, sangat rutin memberikan penyuluhan kesehatan ke siswa SMP dan Pesantren.

“Mahasiswa kami tak hanya melakukan kegiatan di Puskesmas. Agenda penyluhan juga sangat banyak yang mereka lakukan ke siswa SMP dan Pesantren yang kebetulan berada dalam wilayah Puskesmas tersebut,” ujarnya saat ditemui di ruangannya, Rabu (14/2/2018).

Ikhtiar sapaan akrabnya menyebutkan, beberapa kegiatan penyluhan yang dilajukan yakni, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Reproduksi Remaja, Narkoba HIV AIDS dan DBD.

“Ada juga yang dilakukan di pemukiman masyarakat yaitu, posyandu, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan gentik dan senam lansia. Agenda Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas juga aktif mereka wacanakan ke masyarakat,” ungkapnya.

Ikhtiar juga mengungkapkan, selama KKN, mahasiswa memang melakukan kegiatan yang berkolaborasi dengan pihak Puskesmas. Tetapi, ada juga yang dilakukan atas inisiatif dari mahasiswa.

“Memang ada yang dilakukan atas inisiatif mereka. Penyuluhan kesehatan contohnya. Program itu lahir dari seminar awal yang mengundang masyarakat. Jadi, agenda mereka tidak lari dari kesepakatan bersama masyarakat setempat,” tutupnya. (Fiq/C)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *