Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Gowa Dapat Predikat B

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil meraih nilai 61,16 atau predikat B berdasarkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2017  dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia, di Hotel Tentrem Yogyakarta.

Kepala Bidang Perencanaan Makro Bappeda, Taufik Ortala mengatakan, predikat tersebut merupakan predikat tertinggi yang pernah diraih di Sulsel. “Iya, ini pertama kali di sulsel menerima predikat B untuk tingkat kabupaten/kota bersama Sinjai dan Makassar,” Ujarnya.


Menurut Taufik, capaian itu dinilai dari beberapa komponen yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi kinerja. 

“Jadi gowa dianggap memenuhi standar itu terutama inovasi yang dimunculkan mengenai penerapan laporan SAKIP berbasis online atau E-Sakip, nah ini salah satu kelebihan gowa karena pertama kali mengimplementasikan sistem diantara kabupaten kota lainnya,” tambah Taufik.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi penuh atas capaian tersebut. “Kami sangat berterimakasih kepada pimpinan SKPD karena laporan Sakip dan penilaian sangat ditentukan oleh inovasi yang dibuat para SKPD dan saya sangat mengapresiasinya, ” kata Adnan di Sungguminasa. 

Adnan mengaku, sejak tahun lalu pihaknya selalu menggenjot para SKPD untuk memperbaiki laporan Sakip agar target tercapai. 

“Alhamdulillah dari hasil Kementerian PAN dan RB kita naik dari dulunya predikat CC sekarang B dan cuman ada tiga di Kabupaten/Kota yang dapat,” ungkapnya. 

Kendati demikian,  Dirinya tetap berharap agar nantinya bisa mencapai nilai yang lebih baik lagi.  “Saya berharap itu bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi karena target kita bukan hanya menaikkan dari CC menjadi B tapi target kita dan cita-cita kita dimana pelaporan sakip kita bisa menjadi predikat A,” harap Adnan. 

Terkait hal itu,  Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malagani didampingi Kepala Bappeda,  Inspektorat Daerah,  dan Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Daerah.

Sekedar diketahui Kabupaten Gowa menempati urutan kedua di Sulsel untuk hasil Sakip setelah kota makassar yang mencapai nilai 64,1, selanjutnya diposisi ketiga yaitu Sinjai dengan nilai 60,16. (An)

Comment