33 Mahasiswa Ners FKM UMI Praktik di 4 Rumah Sakit dan 4 Puskesmas

oleh
33 Mahasiswa Ners FKM UMI Praktik di 4 Rumah Sakit dan 4 Puskesmas

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sebanyak 33 mahasiswa Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) mengikuti pembekalan praktek, Jumat (16/2/2018).

Rencananya, puluhan mahasiswa tersebut akan melakukan praktek lapangan disejumlah Rumah Sakit (RS) yang ada di kota Makassar. Praktek lapangan ini akan dimulai pada Senin, 19 Februari 2018 mendatang.

Salah satu Dosen Ners FKM UMI, Wa Ode Sri Asnaniar S.Kep., Ns., M.Kep dalam pembekalan praktek menyampaikan, ada 4 RS yang akan dijadikan sebagai lokasi praktek yakni, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya, Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Provinsi SulSel, RS Pelamonia dan RS Bhayangkara.

“Penentuan lokasi praktek ini sudah menjadi ketetapan Pimpinan Prodi bersama FKM UMI dengan mempertimbangkan kuota mahasiswa yang akan melangsungkan praktek,” ujarnya.

Niar sapaan akrabnya mengatakan, tidak hanya RS, Puskesmas hingga panti jompo juga menjadi pilihan lokasi dalam pelaksanaan praktek lapangan ini.

“Diantarnya yakni, Puskesmas Karuwisi, Pampang, Batua dan Gau Mabaji Gowa serta Panti Sosial Tresna Werdha,” ungkapnya.

Sementara, dosen Ners FKM UMI yang lain, Sudarman S.Kep., Ns., M.Kep mengatakan, dengan menimbang misi Prodi yakni unggul dibidang kegawatdaruratan, maka mahasiswa juga perlu mengetahui hal itu dalam pelaksanaan praktek lapangan.

“Jadi, kami minta kepada mahasiswa harus sigap dan proaktif dalam menangani pasien yang dalam kondisi gawat darurat,” ujarnya terpisah. (Fiq/C)

Tinggalkan Balasan