Sebelum Praktik Lapangan, Mahasiswa Ners FKM UMI Diingatkan Ini

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) mengikuti pembekalan praktik lapangan, Jumat (16/2/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Fakultas dan Prodi serta kalangan Dosen pengampuh mata kuliah yang akan dipraktekkan oleh mahasiswa selama satu semester di beberapa Rumah Sakit (RS) di kota Makassar.


Dalam kesempatan ini pula, salah satu Dosen pengampuh mata kuliah Keperawatan Gawat Darurat dan Disaster, Sudarman S.Kep., Ns., M.Kep menyampaikan beberapa poin penting yang harus menjadi catatan bagi mahaisiswa.

“Beberapa yang harus diperhatikan oleh mahasiswa yakni, pertama, target kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa praktik baik di ruang ICU, UGD dan OK. Kedua, keterampilan klinik yang harus dicapai selama praktik di RS,” ujarnya.

Lanjut, Ketiga, pelaksanaan jurnal reading. Keempat, cara pembuatan laporan kasus kelolaan mahasiswa dan jadwal atau rotasi dinas setiap hari.

“Dengan itu, kalian sebagai mahasiswa yang akan melangsungkan praktek dapat mengikuti arahan dari dosen mata kuliah yang lain. Selain itu, prinsip dasar sebagai perawat juga tak kalah pentingnya untuk dipatuhi,” ujarnya ke mahasiswa.

Diketahui, sebanyak 33 mahasiswa Prodi Ners FKM UMI akan mengikuti praktek di sejumlah RS di kota Makassar. Mahasiswa yang melangsungkan praktek yakni semester dua. (Fiq/C)

Comment