11 Cara Menghilangkan Pusing

oleh
Pusing

BERITA-SULSEL.COM – Pusing adalah sebuah penyakit yang mengakibatkan kepala menjadi tidak sehat. Pusing itu sendiri dapat datang secara tiba-tiba dan hilang begitu saja. Pusing yang normal adalah pusing yang hanya beberapa saat dan hilang tidak kembali lagi. Pusing dapat menjadi hal yang membahayakan bila sering muncul dan hilang dalam waktu yang cukup lama. Berikut ini cara menghilangkan pusing.

1. Jahe

Cara menghilangkan pusing yang pertama adalah dengan memanfaatkan jahe. Jahe digunakan dalam berbagai hal khususnya untuk masakan ataupun kesehatan. Jahe dapat dimanfaatkan untuk menenangkan pikiran dengan cara diminum atau dikunyah. Bagian yang paling bermanfaat dari jahe adalah akar jahe. Selain itu, jahe sendiri dapat menenangkan tenggorokan menjadi hangat bila diolah dengan cara rebus.

2. Kacang Almond

Kacang almond ternyata berguna untuk menghilangkan pusing di kepala. Kacang almond sendiri mengandung salicin. Untuk memanfaatkan kacang sebagai obat hanya perlu dimakan kacangnya. Bila perlu sediakan kacang almond disaat pusing akan datang.

3. Air Hangat

Di saat pusing datang, kamu dapat memanfaatkan air hangat sebagai penenang. Hal yang pertama dilakukan adalah menyiapkan kain bersih dengan baskom kecil. Kemudian isi baskom dengan air hangat. Basahi kain dengan air hangat di dalam baskom lalu usap kain ke kepala. Lakukan berkali-kali hingga pusing hilang. Air hangat sendiri juga berfungsi untuk memberikan rasa tenang.

4. Air Putih

Ketika seseorang mengalami dehidrasi dapat membuat seseorang menjadi kurang fokus bahkan dehidrasi. Setiap hari manusia membutuhkan air sebanyak 1-2 liter air untuk hidup. Tanpa air putih pastinya organ tubuh akan menjadi terganggu. Selain itu, kekurangan air putih dapat menimbulkan badan tidak sehat bahkan bisa menimbulkan pusing. Untuk mencegah hal tersebut ada baiknya bila memperbanyak minum air putih setiap harinya. Selain tubuh menjadi sehat tentu badan akan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Semangka

Bila pusing datang, semangka dapat menjadi obat. Semangka sendiri mengandung kalium yang dapat mengobati pusing yang datang secara tiba-tiba. Semangka baik dikonsumsi oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Selain itu, semangka mempunyai kadar air yang sangat tinggi sehingga cocok untuk menghilangkan rasa dehidrasi. Semangka juga dapat merefleksikan otak sehingga otak akan menjadi tenang. Konsumsi satu buah semangka dapat menolongmu ketika pusing datang.

6. Pisang
Cara Menghilangkan Pusing
Pisang
Siapa yang tak menyukai buah pisang dengan rasa manisnya yang pastinya sangat lezat bila dikonsumsi. Pisang sendiri mengandung kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh khususnya bagi yang sedang menjalankan diet. Selain itu, pisang mengandung kandungan potassium dan magnesium yang dapat menyembuhkan rasa nyeri. Di saat pusing datang, kamu dapat mengonsumsi buah pisang sebanyak 1 buah.

7. Istirahat

Salah satu hal yang paling penting ketika pusing itu datang adalah dengan beristirahat. Ketika beristirahat pastinya tubuh akan ikut untuk beristirahat. Di samping itu, ambil posisi nyaman dan serileks-rileksnya agar tubuh ikut beristirahat juga. Bila perlu matikan semua lampu agar mata pun ikut beristirahat dengan baik. Istirahat yang cukup pastinya akan membuat badan menjadi lebih segar kembali. Serta syaraf-syaraf yang berada di otak akan menjadi pulih kembali.

8. Kentang

Di saat kita tidak bisa mengonsumsi nasi karena diet, kentang dapat menjadi solusinya. Kentang sendiri mengandung kandungan kalium yang dapat memperlancar darah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi yang merasakan sakit pusing. Kentang dapat diolah dengan cara dibakar, direbus ataupun digoreng. Namun di saat pusing datang, ada baiknya bila kentang dibakar atau direbus untuk dikonsumsi.

9. Biji Wijen

Biji wijen dapat menjadi solusi untuk menghilangkan rasa pusing pada kepala. Biji wijen mengandung kandung vitamin E dan kalium yang sangat diperlukan untuk memulihkan badan menjadi segar kembali.

10. Teh

Teh yang biasa kita konsumsi di pagi hari ini ternyata dapat menghilangkan rasa pusing. Teh sendiri ada berbagai jenis. Ada teh yang khusus untuk diet seperti teh hijau, ada teh yang memiliki rasa seperti cokelat bahkan ada teh yang dikhususkan untuk pengobatan seperti teh sirsak. Teh sendiri dapat menenangkan kepala disaat kalut. Teh dipercaya sebagai obat untuk menenangkan hati dan membuat badan menjadi lebih tenang.

11. Kopi

Kopi sendiri sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Kopi mempunyai kandungan kafein yang mana dapat membuat seseorang menjadi kecanduan. Namun hal tersebut dapat dihindari bila mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar. Kopi mempunyai banyak aneka jenis. Kopi ada baiknya bila dikonsumsi oleh orang dewasa bukan anak-anak. Untuk menghilangkan rasa pusing sendiri dapat dengan cara mengonsumsi kopi. Namun perlu diperhatikkan agar tidak berlebihan mengonsumsi kopi untuk menghindari munculnya rasa pusing dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan