Dinas Pertanian Soppeng Gelar Seminar Penyuluh Tanaman Buah Tropis

oleh

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng melalui Dinas Pertanian dan Holtikultura menggelar seminar Nasional Peningkatan Kapasitas Penyuluh Mendukung Pengembangan  Buah Tropis. 

Kegiatan dengan tema  “Mewujudkan Pemuda Indonesia Menjadi Agropreneur” ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Masyarakat Soppeng, Selasa (20/2/2018).

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengatakan, sebagai negara dengan wilayah tropis, Indonesia memiliki potensi yang sangat baik untuk pertanian tropika. 

Kata dia, salah satu produk pertanian tropika Indonesia yang berpotensi menjadi andalan adalah buah-buahan.

“Daerah kita ini merupakan daerah yang potensi pertaniannya cukup tinggi, kita harus tahu bagaimana mendapatkan nilai tambah dari sektor pertanian untuk kehidupan yang layak dengan memanfaatkan potensi tersebut,” ujarnya.

Kata Kaswadi, 70 persen masyarakat Soppeng bergelut di sektor pertanian.

Untuk itu, jelas mantan Ketua DPRD dua priode ini, peserta seminar dapat mengikuti seminar dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, pemerintah daerah sengaja menghadirkan pemateri yang profesional agar masyarakat Soppeng, khususnya para pemuda bisa menjadi petani sukses dan inovatif.

Sementara iti, praktisi andalan agrobisnis Indonesia, Wayan Supadno menyebutkan, Soppeng adalah tanahnya “gemah ripa lo jinawi”. Disini banyak tanah subur untukb buah jeruk dan kelengkeng. Kedua jenia buah inj sangat cocok dibudidayakan di Soppeng.

“Anak muda di Soppeng harus kita motivasi menjadi pengusaha pertanian yang inovatif, sukses itu harus cerdas spritual, emosional serta rasional, menjadi petani itu tidak sulit tapi nikmat,” paparnya.

Anwar paturusi. 

Tinggalkan Balasan