15 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

BERITA-SULSEL.COM – Cara mengatasi tenggorokan gatal – Tenggorokan berfungsi sebagai tempat masuknya makanan atau mulut setelah melalui mulut kemudian dihaluskan oleh gigi.

Tenggorokan sendiri harus dijaga dengan baik karena mempunyai manfaat yang sangat luar biasa. Disaat tenggorokan sakit pasti hal ini akan mempengaruhi tubuh lainnya. Tenggorokan dapat menjadi gatal dan kering karena beberapa faktor. Berikut ini cara mengatasi tenggorokan gatal.


1. Madu

Cara mengatasi tenggorokan gatal yang pertama adalah menggunakan madu. Madu sendiri memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Selain itu, madu dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Untuk pengobatan mengatasi tenggorokan gatal hanya memerlukan madu alami dengan lemon. Siapkan 1 sendok madu dengan 1 lemon. Setelah itu seduh dengan air hangat dan campur kedua bahan tersebut untuk diminum.

2. Garam

Garam adalah bumbu dapur yang wajib harus ada di dapur. Garam berfungsi untuk membuat makanan mempunyai rasa. Sebuah masakan tanpa garam pastinya hambar. Garam sendiri berasal dari air laut. Rasanya yang sangat asin dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Salah satunya untuk mengobati tenggorokan gatal. Garam hanya perlu ditambahkan dengan air lalu gunakan sebagai air kumur.

3. Kunyit

Kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tenggorokan yang gatal. Kunyit selalu menjadi langganan bagi masyarakat kita untuk menghilangkan berbagai penyakit. Salah satunya menyembuhkan tenggorokan yang gatal. Namun bagi beberapa orang tidak menyukai dengan rasa kunyit yang asli karena sangat pahit. Kunyit dapat ditambah dengan susu ketika sedang merebus. Setelah itu minumlah dalam keadaan dingin.

4. Cuka Apel

Apel dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tenggorokan yang gatal. Caranya kita hanya perlu meminum cuka apel dalam segelas air dengan keadaan hangat. Minumlah cuka apel setiap hari agar mempercepat proses penyembuhan. Bila tidak menyukai rasa cuka apel, kamu dapat menambahkan satu sendok madu.

5. Horseradish

Horseradish sendiri sangat terkenal di Rusia untuk mengatasi tenggorokan yang gatal. Horseradish sendiri tidak berbahaya untuk tubuh. Untuk mengatasi tenggorokan gatal haruslah meminum horseradish murni. Horseradish yang masih dalam bentuk tanaman adalah hal yang sangat berguna untuk pengobatan. Kamu bisa menambahkan madu untuk membuat cita rasa menjadi enak.

6. Konsultasi Dokter

Hal yang perlu dilakukan ketika sakit tenggorokan tak kunjung sembuh adalah berobat ke dokter. Hal ini diperlukan agar dokter bisa memberikan pengobatan secara benar kepada penderita tenggorokan gatal. Tenggorokan gatal sendiri tak boleh diremehkan karena pastinya hal ini juga mempengaruhi proses makan dan minum. Tenggorokan adalah elemen penting bagi tubuh. Oleh karena itu, minumlah obat sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

7. Obat Kumur

Selain mulut juga membutuhkan obat kumur agar kuman-kuman yang menempel pada gigi dan mulut hilang ternyata untuk mengatasi tenggorokan gatal dapat memanfaatkan obat kumur. Obat kumur yang mengandung methanol dapat mengatasi tenggorokan yang gatal. Berkumur dengan obat kumur memberikan manfaat menghilangkan kotoran yang menempel pada dinding tenggorokan. Selain itu juga mencegah bau mulut.

8. Semprotan

Di zaman berkembangnya teknologi, di dunia medis telah hadir sebuah semprotan yang dikhususkan untuk mulut serta tenggorokan. Semprotan tersebut berguna untuk memberikan kenyamanan pada tenggorokan agar tetap sehat. Semprotan tenggorokan biasanya mengandung fenol. Semprotan tenggorokan mudah ditemui di apotik. Namun ada baiknya bila semprotan tenggorokan digunakan sesuai anjuran dokter.

9. Permen Herbal

Bila kita tidak ingin repot untuk mengolah bumbu dapur yang ada di rumah untuk mengatasi tenggorokan gatal, kita dapat memanfaatkan permen herbal. Sekarang ini permen herbal banyak jenisnya. Bahkan ada permen herbal yang dikhususkan untuk batuk dan memberikan kehangatan kepada tenggorokan serta mulut. Walaupun di sisi lain permen herbal hanya dapat mengurangi rasa sakit.

10. Istirahat Cukup

Salah satu hal yang dapat membuat tenggorokan menjadi gatal karena kurangnya istirahat. Bagi orang yang terlalu banyak bicara, suka menyanyi pastinya dapat memicu terjadinya gatal pada tenggorokan. Selain itu, diperlukan sebuah keseimbangan antara istirahat serta aktifitas. Penyakit tenggorokan sendiri tidak boleh diabaikan karena hal ini dapat berakibat fatal dikemudian hari.

11. Berhenti Merokok

Merokok dapat membuat tenggorokan menjadi gatal. Merokok sendiri dilarang untuk dikonsumsi oleh tubuh karena kandungannya yang sangat merugikan tubuh. Orang yang merokok mempunyai bau yang tidak sedap. Selain itu dengan merokok seseorang dapat menuju kematiannya dengan cepat. Untuk membuat tenggorokan menjadi sehat ada baiknya bila berhenti merokok dari sekarang.

12. Air Putih

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan adalah dengan meminum air putih. Tubuh membutuhkan air sebanyak 1,5 liter agar organ tubuh bekerja dengan baik. Air putih sendiri juga berguna untuk mengeluarkan penyakit-penyakit yang berada pada tubuh. Air putih haruslah diminum setiap hari agar badan tidak mudah sakit.

13. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih biasanya dimanfaatkan untuk memberikan kehangatan pada tubuh anak ataupun orang dewasa. Minyak kayu putih dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tenggorokan gatal. Caranya dengan menyiapkan satu ember air panas, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Setelah itu dekatkan hidung dengan ember air panas. Tunggu hingga 15 menit. Hal ini dapat memberikan kehangatan pada tenggorokan.

14. Sup Ayam

Bila kita tidak menyukai dengan pengobatan tradisional yang mana menggunakan bumbu dapur dengan rasanya yang pahit, kamu dapat memakan sup ayam. Sup ayam sendiri mempunyai nutrisi yang bagus untuk tubuh. Selain itu, makanlah sup ayam dalam keadaan hangat.

15. Pisang

Cara mengatasi tenggorokan gatal yang terakhir adalah dengan mengonsumsi pisang. Pisang sendiri mengandung vitamin C sehingga sangat berguna untuk tubuh. Selain itu, pisang juga aman bagi ibu hamil untuk dikonsumsi saat tenggorokan gatal.

Comment