Taj Mahal, Maha Karya Cinta Abadi di Agra India 

Laporan: Nurlina Subair

Dosen Pendidikan Sosiologi FKIP Unismuh Makassar Melaporkan dari Agra India


BERITA-SULSEL.COM – Cinta suatu kata yang  sungguh luar biasa bagi kehidupan manusia. Kadang kala efek dari cinta itu tidak masuk akal. Cinta tidak  memandang status ataupun golongan, dia bisa ada dimana-mana.

Salah satu  lambang maha karya cinta yang abadi bagi manusia, terlihat pada simbol bangunan heritage  Taj Mahal di Kota Agra  India. Bangunan ini adalah lambang cinta seorang suami terhadap istrinya. Raja Mughal,  Shah Jahan memerintah  tahun 1631 sampai 1653.

Dia  membangun Taj Mahal setelah istrinya yang  ketiga  ini wafat,  akibat melahirkan  ke 14 kalinya. Permaisuri Mumtaz Mahal adalah istri kesayangan  raja Shah Jahan Akbar,  cucu dari Kaisar Jalaluddin Akbar. Isterinya itu di beri gelar Mariam Uzzamani.

Ketika saya mengunjungi Kota Agra awal Maret 2018, bersama rombongan Blue Ransel, sungguh menakjubkan dan berfikir,  bagaimana di  zaman tersebut bisa mendirikan  bangunan terbuat dari batu marmer dan akik dengan pahatan luar bisa pada saat itu.

Setiap hari Taj Mahal ini di kunjungi ratusan ribu orang dan merupakan income bagi India. Saya sangat intres dengan bangunan heritage dan peradaban  besar dari bangsa-bangsa.

Mengunjungi Taj Mahal adalah impian saya dari sejak remaja di Makassar, Alhamdulillah baru awal Maret 2018 baru dapat menyaksikannya.

Memasuki bangunan ini sangat ketat dengan pemeriksaan yang luar biasa prosesnya. Asal usul Taj Mahal dikarenakan kepedihan di tinggalkan oleh istrinya dan berjanji tdk akan menikah lagi.

Saya mengelilingi lokasi yang sangat luas dimana di samping kanan bangunan terdapat mesjid dan samping kiri terdapa gues house. Pada bagian tengah tengah terdapat bangunan seperti mesjid dengan dua menara di samping kiri dan kanan   tingginya 40 m .

Ketika memasuki bangunan marmer putih di dalam terdapat dua makam  yang lebih tinggi dan besar adalah makam Kaisar Shah Jahan Akbar dan di samping lebih kecil  adalah makam istri tercinta Mumtaz Mahal. 

Bangunan yang merupakan warisan budaya  Dunia ini  oleh UNESCO di masukan dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Saya sempat berdoa buat kedua pasang suami istri ini.  Inilah bukti cinta yang tidak lekang oleh jaman, dan menjadi lambang keabadian cinta asmara sepasang kekasih.

Comment