Pemkab Gowa Ganti 4.218 Lampu Penerangan Jalan Umum

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui bagian perlengkapan rencananya akan memasang 4.218 lampu hemat energi untuk penerangan jalan di wilayah Rayon Sungguminasa. 

Pemasangan lampu jalan  hemat energi dilakukan untuk menghemat daya pemakaian.


“Rencananya mulai bulan depan, pemasangan 4.218 lampu penerangan jalan umum atau PJU di wilayah Rayon Sungguminasa. Kami mengganti lampu lama dengan daya pemakaiannya sangat boros,” kata, Kabag Perlengkapan Setkab Gowa, Muh  Irwan  di  Sungguminasa.

Irwan menjelaskan, lampu penerangan yang selama ini terpasang tersebut berdaya tinggi, yakni mencapai 500 watt, sehingga daya pemakaiannya pun secara otomatis tinggi, sehingga harus digantikan dengan lampu yang kapasitas lebih rendah yaitu 85 watt.

“Anggaran lampu penerangan jalan mencapai Rp2,3 miliar setiap bulannya, sejak Januari 2018 Jika sudah ganti kita hanya membayar kurang lebih Rp900 juta perbulan saja, jadi ada selisih Rp1 milyar lebih,” urainya.

Selain mengganti lampu lama, jelas Irwan, pihaknya juga mengganti 1000 bohlam lampu jalan yang sudah tidak berfungsi atau rusak.

Biaya pengadaan penerangan jalan ini dianggarkan Rp1 milyar untuk 4.218 lampu di lima kecamatan yaitu Sombaopu, Pallangga, Barombong, Bontomarannu, dan Pattallassang. (An).

Comment