Luas Ruang Terbuka Hijau di Kabupaten Gowa Hingga 4 Hektar

oleh

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama wakilnya Abd Rauf Malaganni melakukan graud breaking pelaksanaan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Lapangan Syekh Yusuf Discovery.

Adnan didampaingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mundoap mengatakan, Kabupaten Gowa memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) ditengah kota sebanyak 4 hektar yang belum tentu dimiliki daerah lain di tanah air.

Untuk itu kata Adnan, RTH di Lapangan Syekh Yusuf ini harus dikelola dan dipelihara dengan sebaik- baiknya.  Itulah sebabnya renovasi ini dilakukan agar dapat nantinya dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan menurut mantan anggota DPRD Sulsel RTH ini akan dijadikan yang terbaik di Sulawesi Selatan.

“Kita juga akan jadikan RTH Lapangan Syekh Yusuf  yang terbaik di Sulse. Lihat perkembangan, kita akan tambahkan anggaran perubahan 2018,” kata  Adnan.

Selain itu, masih kata Adnan, RTH Lapangan Syekh Yusuf akan dijadikan pusat olah raga dengan membangun beberapa fasilitas olahraga dan tempat bermain anak di dalam kawasan ini.

“Kita akan tambah beberapa fasilitas olah raga, dalam kawasan RTH ini, seperti tempat jogging, basket, tennes dan takrow, termasuk juga play grown anak, dan fasilitas umum,”  ujar Adnan.

Tak hanya itu, rermasuk lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) akan dibuatkan space pusat jajan tradisional sehingga tidak ada lagi PKL yang berjualan sekitar lapangan Syekh Yusuf.

“Kami sudah data, sudah dirancang space pembuatannya, jadi pusat jajanan akan berada didalam lapangan, sehingga bisa tertata rapi dengan baik,” demikian Adnan Purichta Ichsan.

Sebelumnya mengakhiri pembicaraannya, Bupati Gowa juga memberikan penegasan agar pihak dinas terkait  membentuk UPTD pengelola agar tidak ada yang merusak, main pilos tembok dan merusak fasilitas umum lainnya,

“Harus kerjan sama dengan pihak polres dan kodim gowa, jadi kalau ada yang mau merusak, karena kita ini sudah berusaha memperbaiki menggunakan uang rakyat, maka perlu tangkap dan penjarakan,” ujar Adnan Purichta Ichsan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Gowa. Muh Mundoap menjelaskan, pencanangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di

Lapangan Syekh Yusuf Discovery Gowa merupakan iacon dan identitas Kota Kabupaten Gowa.

“Dengan adanya RTH yang berdampingan dengan mesjid Agung Syekh Yusuf ini akan menjadi aicon atau identitas Kabupaten Gowa, dan ini pelaksanaannya selama 6 bulan, luas lahan dua stengah hektar, anggarannya kurang lebih Rp14 Milyar,”  sebut Mundoap. (An).

Tinggalkan Balasan