Didik Anak Jaman Now, Diet Gadget Ala KIAB

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Prihatin dengan masa depan anak ditengah kemajuan teknologi khususnya internet, Kajian Islam Akhwat Bone (KIAB) menggelar seminar parenting dengan tema strategi mendidik anak zaman now oleh Andham Asih Widyastuti S Psi, praktisi parenting asal Surabaya, di aula Kampus Akper Bataritoja, Kelurahan Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, Minggu (11/3/2018) pagi.
Dipandu moderator kelahiran Sinjai, Bonita Mahmud S Psi M Pd, seminar ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Bone, Samsidar, dan puluhan peserta yang terdiri dari remaja putri hingga pasangan suami istri yang membawa serta anak mereka.
Melalui seminar, Ustadzah Andham menyampaikan beberapa tips untuk mendidik anak yang baik, diantaranya dengan diet gadget.
Anak sebisa mungkin dibatasi penggunaan gadgetnya bahkan kalau perlu tidak diberikan gadget. Ditambahkan bahwa normalnya anak hanya diberi waktu tiga jam untuk berinteraksi dengan media, termasuk menonton televisi.
“Media punya andil besar, misalnya kekerasan di medsos walaupun diblur, pelaku kejahatan yang melibatkan anak pun meningkat termasuk anak yang menjadi korban kejahatan” ungkap Andham.
Semua jenis tontonan di televisi, kata ustadzah Andham, sangat mempengaruhi keseharian anak, termasuk nilai akademik anak di sekolah. Ada beberapa contoh kasus dimana anak menjadi pelaku dan korban kejahatan setelah menonton televisi atau melihat di medsos menggunakan internet. Berbagai kejahatan yang melibatkan anak, seperti pencurian, pemukulan, kekerasan seksual, hingga pembunuhan.
“Anak sekarang terlalu banyak menonton TV, sinetron dan kartun. Istilahnya kids jaman now yakni generasi digital dan generasi millenial yg lahir 1995 hingga 2014, ciri-cirinya melek internet, kebiasan update status, selalu mau eksklusif, suka nongkrong sama teman  dan cenderung bermuka dua, baik di depan dibelakang ngerumpiin” tambahnya. (eka)

Comment