Tercyduk! Ini Dugaan Kejanggalan Pemasangan APK di Bantaeng

BANTAENG, BERITA-SULSEL.COM — Ada keganjilan pemasangan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Kabupaten Bantaeng hingga mengakibatkan APK milik IYL-Cakka dan NH-Aziz, maupun Agus-TBL rusak.

APK yang dipasang oleh KPU Bantaeng ini terkesan cenderung lebih menguntungkan APK pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS).


Keganjilan ini diketahui, setelah salah satu tim pasangan calon melakukan perbaikan APK paslon jagoannya, lantaran belum beberapa hari setelah dipasang sudah roboh.

“Cara pasangnya kita duga beda. Kualitas bahan baliho ini juga ada kesan perbedaan,” kata Alif, salah satu relawan pasangan nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) setelah turun bersama sejumlah relawan melakukan pengecekan langsung, Selasa (13/3/2018) malam.

Secara fisik, memang ada kejanggalan. Pasalnya APK NA-ASS terlihat dipasang lebih kuat dibanding kandidat lainnya. Sedangkan lainnya, cenderung asal-asalan terutama di titik APK milik NH-Aziz, IYL-Cakka yang roboh.

“Bambu penopang APK nomor 3 lebih besar dari yang lainnya. Bahkan cara melobangi untuk angin, kita cuman 2 lobang, nomor 3 itu empat lubang angin,” kata Alif.

Selain itu, jika KPU Bantaeng melakukan pemasangan seperti ini secara menyeluruh, bukan hal yang tidak mungkin ada modus keberpihakan yang terselebung.

Hal ini juga tercermi dari cara pasang APK. Sebab diduga hanya APK NA-ASS yang digali, sementara yang lainnya hanya dipasang seadanya saja.

“Cara pasangnya, kita tidak digali, hanya dijanggal batu, nomor 3 digali dan dipasangkan paku,” tandasnya.

Meski demikian, bersama sejumlah relawan, pihaknya langsung memperbaiki tanpa menggangu APK kandidat lain.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari KPU mengenai dugaan perbedaan pemasangan. Hanya saja, saat Tim IYL-Cakka mempertanyakan ke penyelenggara mengenai rusaknya APK, disarankan untuk diperbaiki oleh tim paslon.

Comment