Begini Metode Pembelajaran yang Diterapkan Prodi Kesmas FKM UMI

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Program Studi Kesehatan (Prodi Kesmas) Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) menerapkan metode pembelajaran berbasis Student Center Learning (SCL).

SCL merupakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa atau mahasiswa. Dalam pengertian lain, pendekatan ini pada siswa atau mahasiswa menjadi pelaku aktif dalam kegiatan belajar.


Demikian disampaikan Ketua Prodi Kesmas FKM UMI, Nur Ulmy Mahmud., SKM., M.Kes saat ditemui, di ruangannya, Kamis (15/3/2018).

“Metode pembelajaran yakni tatap muka atau ceramah, tutorial atau small group discussion, pengalaman belajar lapangan dan magang dilakukan di instansi kesehatan dan perusahaan-perusahaan swasta seperti PT Vale, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan lain-lain,” jelasnya.

Kata dia, kurikulum yang digunakan mengikuti kurikulum inti perguruan tingi dan institusi berbasis kompetensi, dengan pendekatan metode Student Centre Learning (SCL), dan pemanfaaan Information and Communications Technology (ICT) berbasis web (e-larning).

“Hal ini dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, Islami, kompeten dibidang ilmu kesehatan masyarakat,” ujarnya. (*)

Comment