Lulusan Keperawatan FKM UMI Memiliki 7 Kompetensi Utama

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) menghasilkan lulusan yang memiliki 7 (tujuh) kompetensi utama.

Kompetensinya yaitu, mampu berkomunikasi secara efektif, mampu menerapkan aspek etik dan legal dalam praktik keperawatan, mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesioanal di klinik dan komunitas, mampu melakasanakan kepemimpinan dan manajemen keperawatan.


Selanjutnya, mampu menjalin hubungan interpersonal, mampu melakukan penelitian sederhana, dan mampu mengembangkan profesionalisme secara terus menerus atau belajar sepanjang hayat.

Demikiaan disampaikan Ketua Prodi Studi Ilmu Keperawatan FKM UMI, Murtini, SKM.Murtini, SKM., M. Kes. Kata dia, Keperawatan FKM UMI menghasilkan perawat profesional yang islami, unggul dan kompetitif.

Untuk mencapai itu semua, pihaknya melaksanakan program pendidikan yang berbasis KKNI ditunjang dengan peningkatan sarana dan prasarana serta pengembangan SDM yang memadai.

“Melaksanakan proses asuhan keperawatan yang terintegrasi dengan keperawaran spiritual yang islami,” ucapnya.

Murtini menjelaskan, Ilmu Keperawatan juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam proses pembelajaran berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.

“Selain itu, untuk menghasilkan perawat yang profesional dan islami, kami juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen khusus di bidang kegawatdaruratan dan disaster melalui pelatihan, seminar dan workshop,” tambahnya.

Dosen yang mengajar di Prodi Ilmu Keperawatan juga dimotivasi untuk mengembangkan kemampuan, dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan kajian Alquran dan Hadist.

Comment