10 Tempat Keren di Kabupaten Bone, Ayo Kesana

oleh
10 Tempat Keren di Kabupaten Bone, Ayo Kesana

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Kabupaten Bone sebagai salah satu daerah yang berada di pesisir timur Sulawesi Selatan yang secara administratif terdiri dari 27 kecamatan, 328 desa dan 44 kelurahan. Kabupaten ini terletak 174 km ke arah timur Kota Makassar, berada pada posisi 4°13′- 5°6′ LS dan antara 119°42′-120°30′ BT. Luas wilayah Kabupaten Bone 4.559 km²

Tidak bisa dipungkiri jika Kabupaten Bone adalah salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki keunikan dari ragam budaya dan atraksinya, daerah ini juga kaya akan obyek wisata alam.

Berikut halamansulsel.com merangkum 10 tempat terindah yang ada di Kabupaten Bone

1. Air Terjun Ladenring

Air terjun Ladenring terletak di Desa Barugae kecamatan Lamuru kabupaten Bone yang berjarak cukup jauh dari ibukota kabupaten karena di daerah ini merupakan perbatasan kabupaten Soppeng.

Air terjun ini merupakan objek wisata alam yang natural, bongkahan batu yang artistik dan pepohonan lebat yang tumbuh menjulang membuat mata terhipnotis melihat pemandangan sekeliling Objek wisata ini sangat ramai pada hari libur, mayoritas pengunjungnya adalah pelajar.

Lokasi air terjun dikelilingi pohon-pohon besar yang tumbuh kokoh serta batuan alam yang terlihat artistik. Namun harus berhati-hati ketika melangkah di atas batu karena permukaannya yang cukup licin. Tepat di lokasi jatuhan air terjun terlihat menyerupai kolam permandian

2. Gua Mampu

Goa Mampu adalah gua terluas di Sulawesi Selatan. Gua ini diselimuti dengan legenda yang panjang. Bentuk stalagmites dan stalagtites yang terdapat didalamnya berupa susunan batu yang mirip dengan sosok manusia dan binatang, semuanya memiliki legenda yang nyata.

Gua yang terletak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini, tidak hanya sekedar gua. Terlebih buat masyarakat di sekitar Gua Mampu yang percaya bahwa gua ini sarat dengan cerita legenda yang begitu dipercaya. Gua Mampu yang luasnya sekitar 2000 meter persegi, terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, yang berjarak 35 kilometer dari Watampone, ibukota Kabupaten Bone.

3. Wisata Air Terjun Ulu Pere

Obyek wisata satu ini memiliki keindahan yang sangat eksotik, tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di daerah Bone. Pengunjung yang bertandang ke sini, akan disuguhi panorama alamnya yang begitu memukau, lewat deretan air terjunnya yang bertingkat-tingkat, menyerupai deretan sarah yang ada di kaki bukit.

Keadaan tersebut, seakan membawah kita sejenak menghayati jika anugerah yang Tuhan berikan di suatu wilayah berupa kekayaan alam, benar-benar cukup bernilai.

Selain keindahan panoramanya, Air terjun Ulu Pere, juga memiliki kejernihan dan segar air yang tidak tertandingi. Dan banyak masyarakat sekitarnya memanfaatkan air tersebut untuk keperluan hidup sehari-hari, seperti dikonsumsi untuk minum.

Di sekitar kawasan obyek, juga terhempas deretan perkebunan cengkeh dan sejumlah pepohonan jati dan kapas. Untuk menuju ke lokasi obyek, jarak tempuh yang akan Anda lalui, sekitar 107 Km dari Ibu Kota Kabupaten Bone, karena area obyek berada di Desa Bonto jai Kecamatan Bontocaini.

4. Tanjung Pallette

Tanjung Pallette terletak dikelurahan Pallette, 12 km dari kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan Indonesia. perjalanan ke kawasan wisata ini sekitar 3 jam dari kota Watampone. Sepanjang jalan kita bisa menikmati aktifitas masyarakat dan juga hamparan sawah para penduduk. Meskipun lokasinya di pinggir pantai teluk Bone, kawasan wisata Tanjung Pallette, berbeda dengan kawasan wisata pantai lainnya di Sulawesi Selatan.

Di tempat ini,Anda tidak disuguhi hamparan pasir putih yang indah, melainkan berupa pantai karang yang terjal. Disinilah letak keindahannya, dimana Anda bisa menikmati pemandangan bukit karang, deburan ombak serta hembusan angin pantai.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati aktifitas nelayan, petani rumput laut bahkan dari tempat ini Anda bisa melihat dari jauh pelabuhan Bajoe yang panjangnya 3 km menjorok ke laut. Selain wisata pantai, di Pallette ini juga terdapat permandian kolam renang yang cukup luas ukurannya namun terletak berjauhan dari pinggir pantai.

5. Air Terjun Poppinjeng

Air terjun Poppinjeng atau pendatang dari daerah perbatasan Kabupaten Pangkep menyebutnya Air Terjun Tujuh Tingkat karena air terjun ini dari ada tujuh air terjun.

Letak air terjun Poppinjeng ini di Desa Bonto Masunggu, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Desa Tondong Bua Kab. Bone.

Kalian akan melewati bebatuan terjal, seru berpetualang dengan akar-akar pohon yang menggantung. Air terjun yang sangat indah dan sejuk di kaki gunung air terjun perbatasan Bone-Pangkep.

Jarak dari Desa Bonto Masunggu ke kantor camat Bone sekitar 120 kiloan dan harus melalui dua kabupaten yakni Kabupaten Barru-Pangkep, Kabupaten Soppeng baru masuk Kabupaten Bone.

Untuk kalian orang Bone yang memilih jalur dekat cukup ke jalur kedua melewati Camba lalu Kota Maros lalu menuju kota Pangkajene Pangkep dan sekitar 42 kilo lalu jalan kaki 2 kiloan menuju tempat tersebut.

Untuk kalian orang Pangkep cukup lewat Kecamatan Tondong Tallasa saja sekitar 40 kilo dari kota Pangkajene dan 2 kilo menuju air terjun.

6. Pantai Tete

Pantai Tete terletak dibagian selatan Bone sekitan 61 km dari pusat kota Watampone. Tepatnya di desa Bone Pute kecamatan Tonra. Masuk melalui desa Gareccing sekitar 3 km dari jalan poros Bone Sinjai. Sebenarnya pantai Tete selain tempat rekreasi juga merupakan Pusat Pelatihan bagi para Prajurit baru TNI.

7.Gunung Bahong langi

Gunung Bahong langi merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Bone. Untuk menuju kesini anda harus ke dusun dusun Bontojai, Kecamatan Bontocani.

Gunung Bohong Langi, Gunung ini merupakan gunung tertinggi keempat di Sulawesi Selatan setelah Latimojong, Bawakaraeng, dan Lompobattang. Gunung Bohong langi ini terletak diantara Kabupaten Bone, kabupaten Gowa, Kabupaten Maros dan kabupaten Sinjai.

Gunung ini mempunyai tinggi 2.800 dpl (dibawah permukaan laut). Arti bohong langi sendiri sebagai nama Gunung ini, berasal dari rumpun Bahasa Konjo atau dikenal dengan nama Bahasa Dentong. Bohong atau Bahong artinya Puncak, sedangan langi sendiri berarti langit, jadi kalau diartikan secara harfiah, Bohong Langi berarti Puncak Langit.

8. Air Terjun Sailawowong

Berada di Desa Tellu Boccoe, Dusun Leppeng, Kecamatan Ponre.

9. Air Terjun Maccading, Taccipi

Terletak di Taccipi Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone

10. Air Terjun Bulu Tana

Terletak di Kecamatan Lappariaja

Tinggalkan Balasan