FKM UMI Miliki Laboratorium Kesehatan Lingkungan

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Laboratorium (Lab) salah satu penunjang aktivitas belajar mahasiswa khusunya bidang kesehatan. Inilah yang menjadi perhatian khsusus Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UMI).

Salah satu Laboratorium yang dimiliki Prodi Kesmas adalah Kesehatan Lingkungan (Kesling). Terletak di lantai tiga, Lab ini dilengkapi dengan peralatan yang dapat menunjang pratikum mahasiswa.


Penanggungjawab Laboratorium Kesling FKM UMI,  Abd. Gafur menyampaikan ada banyak praktek yang dilakukan mahasiswa di Lab Kesling. Seperti proses sterilisasi.

“Mahasiswa bisa mengukur kepadatan lalat, cara pengambilan dan pemeriksaan sampel makanan, pengambilan dan pemeriksaan sampel air, koagulasi, pemeriksaan kesadahan, BOD dan COD, pengukuran sampel udara secara fisik,” ujar Abd. Gafur.

“Pengambilan dan pemeriksaan kualitas udara secara bakteriologis, identifikasi jentik dan nyamuk, dan pemeriksaan pinjal tikus,” lanjut Abd. Gafur.

Kata dia, pencapaian atau kompetensi yang harus dicapai dari praktik ini yaitu mahasiswa mampu melakukan pengambilan sampel di lapangan, mengukur dan menganalisis beberapa parameter kesehatan lingkungan serta mampu mengidentifikasi vektor pembawa penyakit.

“Manfaat dari belajar di laboratorium yaitu mahasiswa dapat mempraktekan teori yang ada di laboratorium, sehingga sebelum terjun ke dunia kerja sudah memperoleh bekal yang cukup,” tutupnya. (sit)

Comment