Pelatihan BTCLS Menurut Mahasiswa Ners FKM UMI

oleh
Fitriani

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Program Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), mengadakan Pelatihan Basic Trauma and Cardiac life support (BTCLS) angkatan ke VI.

Kegiatan BTCLS bekerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) ini dibuka secara resmi Wakil Dekan I Bidang Akademik FKM UMI, Dr. Muh.Ikhtiar, SKM.,M.Kes., di Aula FKM UMI, Lantai IV, Kamis (29/03/2018).

Pengetahuan dan skill yang berhubungan dengan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seorang perawat.

BTCLS atau pemberian bantuan hidup dasar pada waktu dan cara yang tepat akan mengurangi angka kematian dan kecacatan. Bantuan hidup dasar diberikan untuk menyelamatkan jiwa dan meminimalisir kerusakan organ.

Demikian disampaikan Fitriani, salah satu mahasiswa Ners FKM UMI yang menjadi peserta BTCLS. Kata dia, banyak manfaat yang didapatkan setelah mengikuti pelatahian ini. Salah satunya mengetahui cara pertolongan pertama yang diberikan dalam kondisi gawat darurat.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, kita bisa memberikan pertolongan pertama pada saat seseorang mengalami kegagalan jantung,” terang gadis asa Toli-toli ini.

Pelatihan BTCLS Ners FKM UMI ini dilaksanakan selama delapan hari dengan dibagi dua sesi. Sesi pertama yaitu hari Kamis hingga Minggu (29/03/2018-01/04/2018), dan sesi kedua Rabu hingga Sabtu (4-7/04/2018).

“Harapannya, saya dapat lulus dalam pelatihan BTCLS dan lanjut praktik di rumah sakit,” tambahnya.(sit)

Tinggalkan Balasan