Dinkes Sosialisasikan Sistem Pelaporan Rumah Sakit di Makassar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mengelar Sosialisasi Sistem Pelaporan Rumah Sakit di Hotel D’Maleo, Jalan Pelita Raya, Makassar, Senin (2/4/2018). Kegiatan ini digelar bersama puluhan petugas Rumah Sakit di Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin yang membuka acara dalam sambutanya mengatakan acara ini sebagai sosialisasi proses pencatatan dan pelaporan satu pintu oleh Rumah Sakit di Makasaar. Pelaporan ini dilakukan dengan sistem online, baik pelaporan pelayanan, jumlah pasien, penyakit terbanyak, hingga penanganan di UGD.


“Pencatatan dan laporan di RS harus satu pintu, dan harus melaporkan secara online, harus teliti dan akurat,” kata Naisyah.

Lebih lanjut, Naisyah menjelaskan, jika pelaporan untuk memudahkan pendataan dari tingkat Kota, Provinsi hingga Kementerian, guna perencanaan program lebih lanjut.

“Jadi pelaporanya dati tingkat Kota, ke Provinsi hingga Kementerian Kesehatan biar jelas datanya dan memudahkan program kerja selanjutnya,” jelasnya.

Sedkitnya 50 petugas rumah sakit di Makassar mengikuti sosialisasi ini, mulai dark RS tipe A hingga Tipe D.

Comment