Quatrick Simic Bawa Persija ke Puncak Klasemen Grup H

oleh
Quatrick Simic Bawa Persija ke Puncak Klasemen Grup H

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Empat gol Marko Simic sukses membawa Persija Jakarta menggilas Johor Darul Takzim dengan skor 4-0 dalam laga penyisihan Grup H, Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/4). Torehan kemenangan ini membuat Macan Kemayoran julukan Persija berada di peringkat satu Grup H dengan mengemas sepuluh poin dan kans lolos ke babak 16 besar Piala AFC 2018 dengan status juara grup semakin besar.

Pada awal laga, Persija langsung menekan JDT. Simic membobol gawang yang dikawal Izham Tarmizi pada menit ke-8 melalui tandukannya memanfaatkan umpan lambung dari Riko Simanjuntak di sisi kiri pertahanan tim asal Malaysia ini.

Striker asal Kroasia itu kembali menyarangkan bola ke gawang Tarmizi hanya empat menit setelah gol pertamanya pada laga itu. Tandukan Simic menyambut tendangan bebas Rezaldi Hehanusa kembali sukses menjebol gawang JDT.

Unggul dua gol membuat Persija semakin diatas angin. Sementara JDT, terlihat semakin kedodoran. Pada babak kedua, Simic kembali mencetak gol ketiga atau hattrick ke gawang JDT pada menit ke-19, kali ini memanfaatkan umpan dari Ramdani Lestaluhu. Bola pun tak mampu ditepis Tarmizi dan bersarang, Persija unggul 3-0 pada babak pertama.

Pada babak kedua, JDT berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka pun melakukan dua pergantian sekaligus, termasuk memainkan Safiq Rahim untuk memperbaiki lini tengah yang kurang berperan di babak pertama.

JDT pun tampak mendominasi permainan, beberapa peluang tercipta namun kokohnya pertahanan Persija membuat mereka gagal mencetak gol. Pada menit ke-78, JDT harus bermain dengan sepuluh orang usai Adam Nor menerima kartu kuning usai menekel Ramdani Lestaluhu.

Menit ke-87 Persija makin memperbesar keunggulan lewat gol Simic melalui lewat penalti. Penalti diberikan setelah Riko Simanjuntak dilanggar pemain JDT. Skor 4-0 pun bertahan hingga laga berakhir.

Usai laga, pelatih Persija, Stefano Teco Cugurra mengapresiasi kerja keras anak asuhnya atas kemenangan telak ini. Ia pun mengaku meski timnya sudah unggul tiga gol atas JDT, dirinya tetap ingin tambahan gol lagi.

“Kita tahu di babak pertama kami harus cetak gol dengan begitu pasti bisa menang. Namun pada babak kedua saya bicara kepada semua pemain, kita masih butuh satu gol untuk menyamai head to head. Kami akhirnya menang 4-0 atas JDT. Selanjutnya kami masih punya satu pertandingan tandang melawan Tampines. Kami harus menang dan menjadi juara Grup H,” jelas Teco.

Pelatih asal Brasil ini juga memuji Marko Simic yang hari ini mencetak empat gol. Ia menyebut Simic sudah bekerja keras di latihan dan selalu fokus.

“Ia (Simic) bisa mencetak empat gol melawan tim kuat seperti JDT ini saya pikir sangat bagus. Semua pemain juga membantu memberikan bola untuk dia dan dia bisa banyak membantu tim. Sekarang dia top skor sangat bagus untuk dia sendiri dan Persija. Dan pada laga ini saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada The Jakmania yang memberikan dukungan luar biasa kepada Persija,” tambahnya.

Sementara, Simic mengaku sebelum pertandingan ia sangat yakin Persija akan menang dengan skor telak. Apalagi di pertemuan pertama Persija kalah 0-3 oleh JDT dan itu menjadi motivasi dirinya dan rekan-rekannya.

“Kami mempersiapkan pertandingan ini dengan baik. Perasaan yang sangat luar biasa bagi saya yang bisa mencetak empat gol. Pada laga ini kami juga mengikuti semua instruksikan pelatih,” kata Simic.

“Empat gol dan kemenangan ini saya persembahkan untuk keluarga saya. Untuk orang-orang yang selalu berada di sisi saya saat saya mendapat kritik. Dan doakan semoga saya tetap fit supaya bisa mencetak gol lebih banyak. Sangat menyenangkan saya menjadi topskor sementara Piala AFC 2018, namun yang terpenting sebenarnya adalah tim Persija selalu menang,” tambah penyerang berusia 30 tahun ini.

Susunan Pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Sandi Sute (88′ Septinus Alua), Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (82′ Yan Pieter Nasadit); Riko Simanjuntak, Marko Šimić, Novri Setiawan (75′ Addison Alves).

Johor Darul Takzim: Izham Tarmizi; Adam Nor, Aidil Zafuan, Putra Nadher, Fazly Mazlan (46′ Azrif Nasrulhaq); Afiq Bin Faizal, Harris Harun, Amirulhadi Zainal (46′ Safiq Rahim); Nazmi Faiz, Syafiq Ahmad (68′ Ahmad Hazwan), Darren Lok.

Tinggalkan Balasan