9 Gaya Hidup Sebagai Cara Mengecilkan Perut Buncit

oleh
9 Gaya Hidup Sebagai Cara Mengecilkan Perut Buncit

BERITA-SULSEL.COM – Semua orang tentunya ingin tampil menarik dengan bentuk tubuh yang proporsional. Sayangnya, kehadiran lemak berlebih di area perut membuat Anda jadi tampak buncit sehingga mengurangi rasa percaya diri.

Mungkin, Anda telah mencoba beberapa cara mengecilkan perut buncit seperti olahraga dan diet tapi belum juga memberikan hasil yang signifikan. Nampaknya ada yang salah dalam menu diet dan olahraga Anda. Agar dapat hasil yang optimal, coba cek cara-cara yang ada di bawah ini!

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana seseorang dikatakan memiliki perut yang buncit? Apakah Anda termasuk orang yang memiliki perut buncit?

Rupanya, ketika seorang pria yang memiliki lingkar perut lebih dari 102 cm (40 inci) dan 88 cm (35 inchi) bagi perempuan, Anda termasuk dalam golongan orang yang memiliki jenis perut buncit dan mengarah kepada kondisi obesitas. Nah, jika Anda termasuk dalam golongan tersebut ada beberapa cara lho untuk mengatasinya.

Berikut 9 cara mengecilkan perut yang bisa Anda coba!
1. Makan makanan berserat tinggi
Makanan dengan serat tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena cara kerjanya yang mampu menahan makanan lebih lama dalam proses pencernaan. Mengonsumsi makanan seperti kubis, alpukat, kacang polong, dan blackberry secara rutin dipercaya ampuh sebagai cara mengecilkan perut buncit, lho.

Sebuah penelitian menunjukan, setiap peningkatan 10 gram asupan serat, dapat menurunkan lemak perut sebesar 3,7% dalam jangka waktu 5 tahun.

2. Mulai memasak menggunakan minyak kelapa
Tidak semua minyak bersifat jahat, lho. Salah satunya minyak kelapa yang baik digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit. Sebuah penelitian menyebutkan, pria buncit yang mengonsumsi minyak kelapa setiap hari selama 12 minggu mampu mengecilkan llingkar perutnya sebesar 1,1 inci (2,86 cm) tanpa harus merubah menu diet atau menambah intensitas waktu mereka berolahraga.

Rahasianya adalah minyak kelapa juga tinggi akan kalori, sehingga baik sebagai pengganti menu Anda yang mengandung lemak. Untuk hasil yang optimal, tambahkan 2 sendok makan (30 ml) minyak kelapa dalam makanan Anda setiap hari, ya!

3. Konsumsi lemak ikan tiap minggu
Serupa dengan minyak, tidak semua lemak jahat, lho. Lemak ikan ternyata kaya akan protein dan omega 3 yang dapat melindungi Anda dari serangan penyakit, termasuk menghilangkan lemak di area perut.

Konsumsi lemak dari ikan haring, salmon, sarden, makarel, juga ikan teri sebanyak 3 kali dalam seminggu.

4. Turunkan tingkat stres Anda
Ada anggapan bahwa stres berbanding lurus dengan peningkatan tubuh seseorang. Hal tersebut benar adanya, karena stres dapat memicu tubuh menghasilkan hormon kortisol atau ‘hormon stres’ yang berdampak pada meningkatnya nafsu makan Anda.

5. Lakukan olahraga kardio
Setiap olahraga memang berefek baik bagi tubuh, terutama olahraga kardio yang menggerakan seluruh tubuh dari kepala hingga kaki, seperti berlari dan berenang.

Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga kardio ini dengan memperbanyak porsi gerakan push up dan sit up yang berkonsentrasi pada area perut. Selain itu, olahraga mengangkat beban juga bisa menjadi opsi karena selain membakar lemak, juga mampu menambah massa otot Anda.

6. Beristirahat yang cukup
Kaum pekerja cenderung kurang memperhatikan jumlah waktu tidur mereka sehari-hari. Nyatanya, mereka yang hanya tidur 5 jam cenderung memiliki masalah perut buncit dibanding mereka yang tidur 7 jam sehari. Terganggunya metabolisme tubuh dalam mencerna makanan menjadi faktor utama mengapa hal ini dapat terjadi.

7. Tambahkan cuka apel dalam menu diet Anda
Mungkin belum banyak yang tahu kalau kandungan asam asetik dalam cuka apel dipercaya ampuh sebagai cara mengecilkan perut buncit. Efeknya, dengan mengonsumsi 1 sendok makan cuka apel selama 12 minggu setiap hari dapat mengecilkan lingkar perut sebanyak setengah inci (1,4 cm).

8. Hindari makanan dan minuman manis
Semua pasti sepakat kalau menu serba manis tidak baik bagi tubuh. Pasalnya, makanan penyebab perut buncit ini syarat akan gula tinggi yang mengandung fruktosa yang dapat membuat lemak menumpuk di tubuh Anda, termasuk di area perut. Termasuk minuman jus buah dalam kemasan! Pasalnya, jus buah kemasan mengandung gula yang lebih banyak, dibanding jus buah buatan sendiri.

9. Berpuasa
Berpuasa juga efektif sebagai cara mengecilkan perut buncit. Salah satu metode paling populer adalah dengan makan selama 8 jam penuh dan sisanya berpuasa selama 16 jam. Menerapkan metode ini selama 2-6 bulan dipercaya dapat menghilangkan 7% lemak di perut, lho!

Nah, kata siapa cara mengecilkan perut buncit itu sulit? Cukup terapkan beberapa metode di atas, dijamin akan memberikan hasil yang signifikan bagi tubuh Anda, lho. Selamat mencoba!