FKM UMI Optimis Hasilkan Lulusan Berkualifikasi

oleh
Dr. R. Sudirman, M.Si,

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 mulai 2 Mei hingga 13 Juli 2018 mendatang.

FKM UMI memiliki tiga Program Studi, yakni S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas), S1 Keperawatan dan D3 Kebidanan serta Program Profesi Ners.

Tiga program studi (Prodi) ini telah terakreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Khusus Prodi Kesmas saat ini masih dalam proses Re-Akreditasi dengan target akreditasi A.

Dekan FKM UMI, Dr Sudirman, M.Si, mengatakan dengan akreditasi yang memuaskan dari tiga prodi tersebut, ia pun yakin kompetensi alumni juga semakin meningkat.

Hal ini dilihat dari presentase hasil Uji Kompetensi alumni FKM UMI yang mencapai 90 persen. Ini membuktikan kemampuan FKM UMI menghasilkan lulusan yang berkualifikasi.

“Kita fokus pada proses pembelajaran. Presentase yang signifikan tersebut dicapai karena pembimbingan yang selalu kita lakukan. Sebelum mereka sarjana kita buatkan kelompok bimbingan untuk try out selama tiga bulan,” tuturnya.

Fasilitas dan mitra kejarasama juga sangat mendukung. Saat ini FKM UMI memiliki delapan laboratorium praktik. Selain itu, mahasiswa dapat dengan mudah melakukan praktik kerja karena adanya rumah sakit UMI yaitu Ibnu Sina serta 15 rumah sakit lain yang ada di Makassar, Gowa dan Maros. Lalu kegiatan praktik lapangan di beberapa kabupaten.

“Kedepan kita juga akan MoU dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makssar. Kita akan melatih seluruh mahasiswa SMA di Makassar akan dilatih tanggap gawat darurat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan