Ini Profil Prodi Kesmas FKM UMI

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat dibuka secara resmi pada tanggal 11 Maret 2002 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 495/D/T/2002.

Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UMI terakreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No. 180/SK/Ban-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013. Lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat dikenal dengan sebutan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) dengan masa studi dapat ditempuh selama 8 semester (4 tahun).


VISI Dan MISI

Visi : Menajdi unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional, Islami, kompeten dibidang ilmu kesehatan masyarakat di tingkat nasional pada tahu 2020.

Misi :

  • Menyelenggarakan pendidikan ilmu kesehatan masyarakat melalui proses pembelajaran yang berbasis kompetensi.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian ilmiah di bidang kesehatan masyarakat secara profesional.
    Menyelenggarakan dan mengaplikasikan ilmu kesehatan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis islami.
  • Mengembangkan kemitraan di bidang kesehatan dalam menyelengarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi

KURIKULUM

Kurikulum yang digunakan mengikuti kurikulum inti perguruan tingi dan kurikulum institusi berbasis kompetensi, dengan pendekatan metode Student Centre Learning (SCL), dan pemanfaaan Information and Communications Technology (ICT) berbasis web (e-larning).

METODE PEMBELAJARAN

Metode pemebelajaran yang digunakan berbasis Student Center Learning (SCL) :

Tatap Muka ( Ceramah)
Tutorial (Small Group Discussion)
Pengalaman Belajar Lapangan (PBL)
Magang (Magang dilakukan di instansi-instansi kesehatan dan perusahaan-perusahaan swasta seperti PT Vale, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dll)

Comment