Jangan Salah! Ini Cara Mengatasi Demam pada Anak

oleh
Jangan Salah! Ini Cara Mengatasi Demam pada Anak

BERITA-SULSEL.COM – Bunda, sebagai orangtua, tentunya Anda hanya ingin yang terbaik bagi si buah hati. Termasuk dalam hal perawatan dan pengobatannya ketika tengah sakit.

Nah, salah satu penyakit yang seringkali menyerang anak-anak adalah demam, baik dalam kadar ringan maupun parah. Demam sendiri bisa menjadi salah satu gejala dari banyak penyakit, termasuk flu, batuk, bahkan cacar dan campak. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk mengatasi demam si kecil?

Mari simak langkah-langkah ampuh sebagai cara mengatasi demam pada anak berikut ini!

1. Kenali ciri-ciri demam tinggi
Pertama-tama sebagai cara mengatasi demam pada anak, Anda harus memastikan bahwa si kecil memang benar-benar demam. Untuk ini, Anda tentu bisa menggunakan termometer untuk mengukur suhunya di rumah. Anak bisa dikatakan demam apabila suhu telinganya mencapai 38 derajat Celcius. Atau, jika suhu di dalam mulutnya lebih dari 37,8 derajat Celcius dan suhu di bawah ketiaknya mencapai 37,2 derajat Celcius. Ingat, dalam mengukur temperatur mulutnya, pastikan si kecil tidak baru saja mengonsumsi minuman hangat atau dingin.

2. Usahakan si kecil banyak minum
Anak yang menderita demam tinggi, tidak selalu menunjukkan bahwa dirinya tengah sakit. Jika Anda mengetahui si kecil merasa tidak nyaman dan tidak bisa beristirahat dengan tenang karena kondisinya, maka Anda dapat melakukan beberapa strategi untuk meredakan gejala demam. Salah satunya adalah dengan mengusahakan si buah hati untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih. Hal ini dapat meredakan panasnya dari dalam tubuh.

3. Kenakan pakaian ringan dan tipis
Cara mengatasi demam pada anak selanjutnya dengan usahakan ia tidak mengenakan pakaian yang terlalu tebal atau berbahan rajutan. Sebaliknya, kenakan padanya pakaian yang berbahan ringan dan tipis. Pasalnya, pakaian yang terlalu tebal dapat mencegah tubuh anak untuk mendingin atau meredakan panasnya.

4. Gunakan selimut tipis
Jika demam si kecil ternyata membuatnya merasa kedinginan, maka mau tidak mau Anda harus menyelimuti tubuhnya. Dalam kasus ini, gunakan selimut yang juga berbahan ringan dan tipis, agar panas tubuhnya tidak terperangkap di dalam. Saat panas dinginnya sudah mereda, Anda dapat melepaskan selimut dan membiarkannya memakai pakaian yang berbahan ringan.

5. Gunakan pereda rasa sakit
Anda juga dapat memberinya obat pereda nyeri atau pereda demam yang banyak dijual bebas di apotik terdekat. Namun, Anda harus mengetahui aturan-aturan tertentu yang musti dipatuhi. Ingat, jangan memberikan aspirin pada anak yang berusia di bawah 18 tahun. Jangan pula memberikan bayi Anda pereda nyeri dalam bentuk apapun, tanpa resep dokter. Jangan pula memberi ibuprofen, , Advil, serta Tylenol pada anak yang berusia di bawah 6 bulan.

6. Mandikan dengan air hangat
Tak hanya menggunakan pakaian berbahan ringan dan tipis, Anda ternyata juga dapat meredakan demam si kecil dengan memandikannya menggunakan air hangat. Atau, Anda dapat membuatnya berendam di dalam bak air hangat selama tidak lebih dari 10 menit setiap jamnya. Jangan lupa untuk sering mengukur suhu tubuh si kecil guna memastikan demamnya menurun atau justru bertambah parah. Selain itu, Anda dapat pula hanya mengelap badan anak dengan spons atau kain yang sudah dibasahi air hangat.

7. Berikan sup atau cairan lainnya secara teratur
Meskipun meminum air putih penting untuk mengurangi demam si kecil, namun ia juga harus mendapat cairan yang mengandung glukosa dan elektrolit. Anda dapat menyuapinya kaldu, sup, oralit, atau cairan bening lainnya. Jangan memberikan kopi ataupun teh.

8. Bawa si kecil ke dokter
Cara mengatasi demam pada anak yang paling akhir dengan membawanya berobat ke dokter. Meskipun telah melakukan langkah-langkah di atas dengan rutin, namun jika demam si kecil tak juga turun, atau justru muncul gejala lain seperti muntah-muntah, diare, dan bercak kemerahan, Anda harus segera mencari bantuan medis. Bawalah si kecil ke dokter terdekat, yang akan meresepkan obat yang sesuai dengan gejala yang dialami anak Anda.

Nah, itu dia 8 langkah yang bisa Anda terapkan sebagai upaya cara mengatasi demam pada anak. Semoga bermanfaat, ya

Tinggalkan Balasan