Tips Sehat bagi Hijabers setelah Seharian Berkerudung

oleh
Tips Sehat bagi Hijabers setelah Seharian Berkerudung

BERITA-SULSEL.COM – Dewasa kini, memakai hijab atau kerudung bukan lagi sekadar kewajiban bagi para wanita Muslim. Di Indonesia, hijab menjadi tren berpakaian sendiri selama beberapa tahun belakangan. Hasilnya, Anda tentu akan lebih banyak melihat perempuan yang mengenakan hijab dibandingkan yang tidak mengenakannya, terutama di kota-kota besar. Nah, kehidupan kota sendiri terkadang melelahkan dan efeknya pada kesehatan juga akan menghinggapi Anda yang berhijab secara khusus.

Karena itu, ada baiknya Anda menyimak tips sehat bagi hijabers berikut ini, guna menjaga kesehatan setiap harinya!

1. Cuci rambut secara rutin
Tips sehat bagi hijabers pertama. Masalah utama dari para wanita berhijab terletak pada rambut. Anda yang mengenakan hijab harus lebih menaruh perhatian pada bagian tubuh yang satu ini, karena Anda menutupnya seharian dengan kerudung. Hal ini membuat rambut susah bernapas, dan banyak masalah yang datang, seperti ketombe, rambut kering, dan rontok.

Nah, untuk menjaga rambut tetap sehat, Anda dianjurkan untuk keramas secara rutin, setiap hari ataupun 2 hari sekali, baik itu sebelum atau setelah memakai hijab seharian. Jika Anda memutuskan keramas sebelum memakainya, maka tunggulah rambut Anda kering sebelum mengenakan hijab. Intinya, jangan jadikan hijab sebagai alasan untuk tidak mengurus rambut, ya!

2. Lepas hijab di rumah dan sisirlah rambut
Tips sehat bagi hijabers yang kedua masih membahas seputar rambut. Agar rambut Anda tidak menjadi kering dan pecah-pecah, ada baiknya Anda segera melepas hijab begitu sampai di rumah. Jika tidak ada alasan untuk memakainya di rumah, biarkan rambut Anda bernafas, sehingga tidak mengundang kekeringan. Tak lupa, Anda juga harus rajin menyisirnya, karena menyisir rambut memiliki efek pijat pada kulit kepala Anda. Hal ini akan membantu lancarnya peredaran darah ke arah kepala.

3. Gunakan vitamin rambut
Rambut merupakan bagian tubuh yang paling terpengaruh oleh pemakaian hijab, dan karenanya tips sehat bagi hijabers yang ketiga pun masih tentang rambut. Setelah seharian mengenakan hijab, Anda juga sebaiknya memakai vitamin rambut dan mengaplikasinnya setiap hari, guna menjaga kelembapan dan kekuatan rambut Anda. Jangan pula mengikat rambut Anda selama di rumah. Biarkan ia tergerai guna menjaganya tetap sehat.

4. Konsumsi vitamin D
Tips sehat bagi hijabers yang selanjutnya adalah rajin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D. Pasalnya, selama seharian berhijab di luar rumah, tubuh Anda tidak bisa menyerap vitamin D dari cahaya matahari dengan sempurna layaknya mereka yang tidak berhijab.

Hasil penelitian terbaru juga menyatakan bahwa wanita berhijab memiliki potensi lebih rendah dalam mendapatkan manfaat dari cahaya matahari dan karenanya lebih rentan mengalami defisiensi vitamin D, serta penyakit kulit lainnya. Terutama mereka yang mengenakan cadar dan kaus dalaman sebagai pelapis hijab. Karenanya, Anda dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin D, seperti ikan salmon, ikan sardin, kuning telur, kerang, udang, dan buah-buahan.

5. Berolahraga
Tips sehat bagi hijabes yang terakhir adalah berolahraga secara rutin. Ya, siapa bilang memakai hijab berarti membuat Anda menghindari tempat senam dan olahraga sore? Saat ini, banyak perusahaan pakaian olahraga yang juga mendesain khusus untuk para pengguna hijab, seperti baju senam dan baju renang tertutup. Olahraga sangat penting untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh Anda. Dan karenanya, jangan lupa untuk berolahraga rutin, ya!

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *