Kabupaten Bone Juara Umum Kontes Ternak Se-Sulselbar

oleh
Bone Juara Umum Kontes Ternak Se-Sulselbar

BULUKUMBA, BERITA-SULSEL.COM – Kabupaten Bone untuk kesekian kalinya meraih prestasi dan penghargaan. Kali ini mampu melengserkan rival-rivalnya dalam ajang Konteks Ternak Sapi yang digelar pada tanggal 25-26 April 2018 di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kontes yang memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pertanian dan Piala Gubernur Sulawesi Selatan ini diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) yang diikuti peserta seluruh kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan dan Barat.

Dinas Peternakan Kabupaten Bone dengan melibatkan peternak sapi dari Bone menampilkan sapi jagoannya dengan bobot 1,65 ton.

Pada Kontes Ternak terbesar di Sulselbar tersebut terdiri atas 8 (delapan) kategori kelas yang diperlombakan, yakni Bali Jantan, Bali Induk, Jantan Bebas, Induk Bebas, Calon Induk Bali, Calon induk Bebas, Pedet Bali, dan Pedet Bebas.

Dari 8 kategori yang diperlombakan itu, Dinas Peternakan Kabupaten Bone menyikat habis 5 kategori, akhirnya meraih gelar sebagai Juara Umum.

Sapi dari Bone kembali membuktikan kualitasnya di antara kabupaten lainnya. Terbukti, sapi dari Bumi Arung Palakka ini berhasil menyabet Juara Umum dalam kontes tersebut.

Piala diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI Dr.Ir.Andi Amran Sulaiman, M.P.

Menteri Pertanian dalam sambutannya memuji dan turut bangga atas prestasi yang diperoleh Kabupaten Bone.

Menteri sempat berkelakar ” Sikampong … De …Mupakasiriwi To Bone … Maju ki To Bone ” Hai … Sekampung … Engkau tidak membuat malu orang Bone … Majulah Orang Bone.

Lanjutnya, ”karena Kau panutan dan teladan bagi petarung-petarung penyedia Swasembada Protein Hewani menuju Indonesia sebagai lumbung pangan dunia ”

Sontak, tepuk tangan riuh rendah dan rasa bangga wajah berseri yang menyelimuti peserta kontes dari Bone mendapat apresiasi dan pujian dari Pak Menteri.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bone, Ir.H.Andi Bakti Haruni, C.E.S bangga dan mengapresiasi prestasi tersebut. Hasil itu menunjukkan kualitas ternak sapi di Bone tak bisa dipandang sebelah mata.

Apalagi, Bone termasuk salah satu penyumbang produksi sapi terbesar di Sulsel. ” Bone Memang Hebat,” bangganya.

Sementara sang pencetus tagline ” Kami Datang Sapi Bunting “, yakni Kadis Peternakan Kabupaten drh. H. Aris Handono sangat bersyukur atas penghargaan yang diperoleh dan bangga kepada para peternak di Bone

Prestasi dan penghargaan ini merupakan hasil kerja sama dari semua pihak.

”Sekaligus membuktikan, bahwa Bone merupakan lumbung Peternak Tangguh dan pelaku utama pembangunan peternakan di Sulawesi Selatan”. Ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *