Dinkes Palopo Gelar Pelatihan Konselor HIV-AIDS 

PALOPO, BERITA-SULSEL.COM — Dinas Kesehatan Kota Palopo menggelar pelatihan konselor HIV- AIDS. Kegiatan ini diikuti 40 tenaga medis.

Kegiatan yang  dilaksanakan disalah satu hotel di Palopo ini berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 30 April hingga 04 Mei 2018.


Kepala Bidang P2P, Juwita Talibe SKM mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan keterampilan konseling terpadu dalam penanggulangan HIV-AIDS.

“Melalui kegiatan ini, wawasan penanganan penderita HIV dan AIDS bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, M Ishaq Iskandar mengatakan, saat ini HIV-AIDS menjadi masalah semua pihak. Pasalnya,  tidak diketahui siapa yang terkena HIV-AIDS, apakah keluarga atau masyarakat.

“Setiap orang harus melakukan antisipasi atau mencegah hal tersebut dengan sukarela menjadi konselor HIV-AIDS,” paparnya.

Kata dia, HIV-AIDS adalah penyakit menular melalui seks bebas. “Semua yang bisa mempengaruhi anak-anak kita agar bisa dihindari, diberikan pemahaman mengenai penyakit HIV-AIDS tersebut,” paparnya.

Sekretaris daerah Kota Palopo, Jamaluddin  mengatakan, HIV-AIDS tidak selamanya muncul dari seks bebas tetapi ada hal lainnya.(hms/has)

Comment