Program Hibah Air Bersih Tahap Pemasangan

GOWA, BERITA-SULSEL.COM –Program hibah air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam pemasangan pipa Sambungan Rumah (SR) secara cuma-cuma Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang saat ini memasuki tahap pemasangan.

Hal ini disampaikan Direktur PDAM Gowa, Hasanuddin Kamal di Sungguminasa. Ia menyampaikan, saat ini Tim verifikasi best line dari pusat  telah tuntas melakukan verifikasi kepada semua calon penerima. Bahkan pihak PDAM  telah menerima SK yang dinyatakan lolos verifikasi untuk kemudian segera dipasangi pipa air bersih.


“Ternyata pada daftar yang saya masukkan itu, yang layak menerima Sambungan Rumah hanya 1.482. Tidak sampai 1.500 karena mereka gugur. Gugurnya itu dikarenakan mereka tidak memenuhi kriteria miskin, sehingga yang lolos itu hanya 1.482 SR,” sebut Hasanuddin.

Pemasangan SR rencananya akan mulai dilakukan awal pekan ini dan pemasangan itu sama sekali tidak ada biaya alias  gratis.

“Pak bupati mengharapkan, di Gowa ini benar-benar gratis. Ada pembayaran Rp 200 ribu, tapi itu adalah pembayaran untuk deposit pembayaran air berjalan setelah di pasang. Jadi pelanggan itu, dua bulan nanti dia tidak akan membayar dulu, ditakutkan nanti ada yang tidak membayar, sehingga disuruh membayar duluan untuk pemakaiannya ketika selesai dibangun nanti,”  ujar Hasanuddin.

Mengapa demikian, karena kata Hasanuddin, kementerian membutuhkan rekening pembayaran Dua bulan untuk merekam biaya.

“Jadi nanti harus dilampirkan ketika telah dipasang, pembayarannya dua bulan, nantinya PU akan bayar ke Pemda sebesar Rp3,5 miliar,” tandasnya.

Dana Rp 3,5 miliar itu kata Hasanuddin, nantinya akan digunakan untuk membangun jaringan, sambungan rumah, sehingga program ini benar-benar gratis kepada masyarakat.

Hasanuddin juga mengatakan, beberapa Kecamatan yang warganya mendapatkan program hibah air bersih, yakni mulai dari Kecamatan Bontonompo, Barombong, Bajeng, hingga Parangloe dan Manuju, Pattalassang, Somba Opu, dan Bontomarannu.

“Kecamatan-kecamatan tersebut yang sudah ada jaringannya dan terdapat juga yang memang belum ada jaringannya nanti kita akan pasangkan jaringan, seperti dibeberapa rumah warga miskin di Barombong kita pasangi jaringan,” tambahnya. (an).

Comment