Cara Memilih Pembalut yang Baik untuk Kesehatan

oleh
Cara Memilih Pembalut yang Baik untuk Kesehatan

BERITA-SULSEL.COM – Sebagai wanita, tentunya setiap bulan Anda akan dibebani oleh satu minggu yang penuh akan darah dan rasa sakit tanpa bisa dihindarkan. Nah, setiap orang pasti memiliki kali pertamanya dalam menghadapi tamu bulanan ini.

Bagi Anda para remaja yang baru saja mengalami menstruasi, kebingungan dalam memilih pembalut yang tepat dan sehat guna menampung darah yang mengalir keluar dari vagina bisa saja terjadi.

Untuk ini, Anda harus tahu pasti bagaimana cara memilih pembalut terbaik dan sesuai untuk kebutuhan pribadi yang juga nyaman untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Nah, apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memilih pembalut sehat dan tepat?

Yuk, simak penjelasan lengkap seputar cara memilih pembalut terbaik berikut ini!
Hal apa saja yang harus diperhatikan?
Dalam cara memilih pembalut sehat dan tepat, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama-tama, Anda harus mengenal berapa banyak jumlah darah yang kira-kira mengucur setiap harinya. Dari sini, Anda dapat memilih berbagai jenis pembalut yang tersedia, sesuai kebutuhan.

Jika darah mengalir deras, Anda bisa memlilih maxi pads yang lebih tebal, dan sebaliknya memilih jenis yang tipis saat volume darah sudah mulai berkurang. Jangan salah memilih, karena pembalut yang tebal memiliki kandungan kimia yang juga banyak, sehingga daerah kewanitaan Anda bisa terekspos hal tersebut jika memakainya saat volume darah hanya sedikit.

Selain itu, sesuaikan pula pembalut dengan aktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda termasuk perempuan yang aktif, ada baiknya memilih pembalut bersayap agar kebocoran tidak mudah terjadi. Selain itu, Anda juga dapat memilih pembalut berukuran lebih panjang dan bersayap agar tidak mudah bocor di malam hari.

Selanjutnya, dalam cara memilih pembalut terbaik, ada baiknya Anda menghindari pembalut yang memiliki banyak kandungan kimia. Anda bisa melihat hal ini di kemasan produk pembalut tersebut. Biasanya, pembalut yang mengandung gel memiliki lebih banyak bahan kimia dibandingkan yang hanya mengandalkan daya serap berupa kapas.

Memang, gel dapat menyerap lebih banyak, namun pembalut kapas memiliki risiko yang lebih kecil dalam terjangkit penyakit. Atau jika bisa, Anda dapat memilih pembalut yang berbahan dasar organik, karena selain aman untuk kesehatan, pembalut ini juga aman bagi lingkungan.

Adakah kandungan berbahaya dalam pembalut?
Dalam cara memilih pembalut sehat, tentu Anda harus tahu pula apa kata para ahli. Sayangnya, pembalut wanita dapat dikatakan sangat jarang menjadi topik dalam suatu penelitian. Hal ini sebagian besar dikarenakan pembalut wanita merupakan salah satu industri terbesar yang cukup sulit untuk diganggu gugat.

Namun, kita bisa tahu ada bahan kimia pengharum dan pewarna pada pembalut, beserta alergen bagi sebagian orang. Bahan-bahan ini bisa berakibat buruk bagi Anda yang menderita alergi atau sistem imun lemah.

Adakah cara pasti dalam memilih pembalut sehat?
Sayangnya, tidak ada cara pasti dalam hal ini. Namun, Anda bisa menjamin keamanan dan kebersihan selama menstruasi dengan rajin mengganti pembalut setiap beberapa jam. Jangan biasakan memakai satu pembalut saja seharian, karena pembalut bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan vagina Anda. Jadi, gantilah pembalut sesering mungkin.

Jika darah sudah mulai berhenti mengalir, dan hanya tersisa flek, ada baiknya Anda berhenti memakai pembalut dan hanya memakai pakaian dalam biasa, kemudian mencuci darah yang tak seberapa.

Nah, itu dia serba-serbi cara memilih pembalut sehat yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

Tinggalkan Balasan