Ponpes Hj. Haniah Maros Kembali Khatamkan 45 Santri

Laporan : Suci Muslimah
Tim Redaksi Website Ponpes Hj. Haniah

BERITA-SULSEL.COM – Ponpes Hj. Haniah di Kabupaten Maros kembali khatamkan 45 santrinya. Dari jumlah tersebut, 31 perempuan dan 14 laki-laki.


Santri yang dikhatamkan dari program khusus Ilmu Shoraf angkatan ke VI tahun 2018. Proses khatam dilaksanakan laksanakan, Selasa 1 Mei 2018. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Isra Miraj.

Koordinator program khusus ilmu shorof Ponpes HJ Haniah, Ustaz Abdul Haris, S.Pd.i mengatakan, wajah santriwati berseri-seri sebelum tampil melantunkan hapalannya. Mereka menyanyikan hafalan tasrifannya di depan semua undangan.

“Persembahkan hafalan tasrifan atau vocabulary dalam bahasa Inggris. Berjalan lancar hanya dijalani latihan selama 7 hari,” ujarnya.

“Saya cukup bahagia dan bangga  melihat santri-santri hari ini dikhotamkan. Sekalipun persiapan waktu yang sangat kurang. Hanya 7 hari mulai dari proses ujian sampai acara khataman hari ini,” jelas tambah ustaz Haris.

Begitu hebat keinginan dan perjuangan santri dan pembinanya. Dalam program ilmu shorof ini pembelajarannya mulai dari nol hingga kelulusan hanya memakan waktu 3 bulan.

“Semoga santri yang dikhatamkan hari ini bisa berbahasa Arab dan mampu membaca kitab klasik (kitab kuning) setelah tamat dari pesantren,” ujarnya.

Kata dia, dalam kitab klasik banyak ilmu yang tersirat dan ilmu  yang jauh berbeda dengan kitab-kitab modern yang berbahasa lokal. Sarat dengan kepentingan penulisnya dan kepentingan kelompok tertentu.

“Kitab kuning juga mesti dijaga eksistensinya sebagai sumber ilmu. Dimana, penulisnya merupakam leluhur para syekh yang tidak diragukan lagi keilmuannya. Jelas sanad, serta penuh keiklasan penulis membuatnya,” terang ustaz Haris. (*)

Comment