Yuk, Kenali Ciri-ciri Orang Jatuh Cinta!

oleh
ilustrasi

BERITA-SULSEL.COM – Cinta terkadang datang tak tepat waktu dan, tentu saja, secara tak terduga. Seringkali pula, Anda salah mengartikan perasaan yang Anda miliki terhadap seseorang sebagai rasa suka biasa, dan bukanlah jatuh cinta. Hasilnya, tak pelak orang yang tepat justru malah pergi dan penyesalan kemudian datang terlambat seperti biasa. Nah, karena itu janganlah Anda sampai salah dalam mengenali tanda-tanda orang jatuh cinta. Seperti apa sih sebenarnya tanda-tanda yang muncul jika seseorang jatuh cinta?

Yuk, simak penjelasan lengkap ciri-ciri orang jatuh cinta berikut ini!

1. Merasa si dia amat spesial
Saat orang jatuh cinta, mereka kerap akan berpikir bahwa si dia merupakan seseorang yang amat spesial. Tak pelak, Anda akan terus berpikir tentangnya, tentang senyumnya, tawanya, candaan garing yang ia lontarkan, hingga kebiasaan aneh yang tak jarang juga Anda perhatikan. Pemusatan pikiran terhadap si dia ini, dipercaya oleh para ahli sebagai hasil dari meningkatnya kadar dopamin sentral yang merupakan suatu zat kimiawi di otak Anda yang mengatur fokus serta perhatian pada hal tertentu. Luar biasa, bukan?

2. Selalu berpikir positif tentang si dia
Jika Anda terus menerus hanya memikirkan hal-hal positif yang ada pada si dia, maka Anda tentulah termasuk salah satu orang jatuh cinta. Kualitas-kualitas dan tindakan baik si dia akan terasa sangat penting sekaligus mempengaruhi penilaian Anda padanya. Tak jarang, Anda akan mengabaikan pula hal-hal buruk yang sebenarnya jelas terlihat. Nah, para ahli percaya bahwa hal ini juga terjadi akibat meningkatnya kadar dopamin sentral di otak Anda ketika tengah jatuh cinta. Tak hanya itu, hal ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya kadar norepinephrine sentral dalam otak, yang merupakan suatu zat kimiawi dengan korelasi khusus pada peningkatan memori akan suatu hal.

3. Kecanduan untuk bertemu dengan si dia
Orang jatuh cinta akan mengalami euforia serupa dengan yang dialami oleh para pecandu narkoba saat mengonsumsi kokain. Rasanya, tentu saja, Anda akan dibuat melayang tinggi oleh berbagai hal si dia lakukan atau ucapkan pada Anda. Hormon testosteron di dalam tubuh Anda juga akan mengalami peningkatan drastis saat Anda tengah jatuh cinta dan tergila-gila pada si dia. Hasilnya, tak akan habis keinginan Anda untuk bertemu dengannya, hingga menyebabkan kecanduan. Tak hanya itu, produksi hormon oksitosin di dalam tubuh Anda juga akan meningkat, dan menyebabkan Anda ketagihan untuk bertemu, bahkan bermesraan dengan si dia, dan rasa senang pun akan muncul dari hal-hal tersebut. Mengherankan, bukan?

4. Emosi tidak stabil
Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, orang jatuh cinta akan mengalami efek yang sama dengan mengonsumsi kokain. Hal ini, selain menyebabkan ketagihan, juga akan menyebabkan ketidakstabilan emosi dalam diri Anda. Emosi yang Anda alami akan sangat beragam, mulai dari gelisah, senang, lelah, sedih, bahagia, hingga panik. Hal ini akan menyebabkan tubuh Anda mengalami berbagai hal, mulai dari kehabisan energi, susah tidur, jantung berdebar lebih cepat, nafas tidak teratur, hingga gemetar saat bertemu dengannya.

5. Merasa sangat aman saat bersama si dia
Tak heran, banyak orang berkata bahwa jatuh cinta membuat Anda gila dan tidak rasional. Salah satu contohnya adalah Anda akan merasa aman saat berada bersamanya, di mana pun, dan dalam kondisi apapun. Bahkan, saat Anda nyatanya tengah berada dalam keadaan bahaya. Ini sama dengan efek kecanduan dan fly saat menggunakan narkoba, di mana Anda menjadi tak takut dengan apapun. Kasarnya, jika pun harus melompat atau terjun bebas dari gedung tinggi sekalipun, Anda akan merasa aman selama itu di dalam pelukannya. Romantis? Coba pikir lagi.

6. Selalu ingin terlihat menarik di depan si dia
Salah satu ciri orang jatuh cinta adalah selalu ingin terlihat sebagai laki-laki atau perempuan paling atraktif di depan si dia. Hal ini disebabkan produksi hormon oksitosin yang meningkat dan mengalir di peredaran darah Anda, sehingga ketertarikan fisik antar lawan jenis pun lebih terasa. Khususnya, ketertarikan fisik antara Anda dan dia. Karenanya, jangan heran jika Anda kemudian merasa butuh mengenakan pakaian terbaik atau riasan wajah paling menarik saat akan bertemu dengannya.

7. Ingin mencoba hal baru bersamanya
Terakhir, saat orang jatuh cinta, tiba-tiba segala hal yang berhubungan dengannya menjadi menarik dan meningkatkan rasa ingin tahu. Salah satunya adalah, jika si dia memiliki suatu hobi atau kegiatan yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Tanpa sadar, Anda akan merasa tertarik dengan hal tersebut, yang juga merupakan bagian dari dirinya. Tak ayal, Anda pun terpicu untuk mencoba hal-hal baru tersebut.

Nah, itu dia 7 ciri orang jatuh cinta yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk mengenali perasaan yang tengah Anda alami saat ini. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan