Cara Mengatasi Cegukan dengan Tepat

BERITA-SULSEL.COM – Siapa sih yang tak pernah cegukan? Tentunya hampir semua orang pernah mengalaminya, termasuk Anda. Nah, dalam mengatasi cegukan, setiap kalangan masyarakat di seluruh dunia memiliki caranya masing-masing, baik itu cara tradisional maupun modern.

Mulai dari mengagetkan penderita cegukan, meminum banyak cairan, hingga menahan nafas beberapa saat, semuanya dipercaya dapat menghentikan cegukan. Namun, benarkah cara-cara tersebut efektif? Apa saja sebenarnya cara mengatasi cegukan yang tepat dan benar?


Berikut adalah beberapa cara mengatasi cegukan sederhana dan tepat yang dapat Anda coba :

1. Tahan nafas
Ya, cara mengatasi cegukan dengan tepat yang pertama ternyata memang menahan nafas selama beberapa saat. Sejatinya, cegukan terjadi saat diafragma Anda tanpa sadar berkontraksi secara tiba-tiba, dan pada saat yang bersamaan, kotak suara (laring) serta pita suara Anda menutup pula, sehingga menghalangi aliran udara masuk ke dalam sistem pernapasan.

Nah, menahan nafas selama beberapa detik dapat menormalkan kembali diafragma, laring, serta pita suara Anda. Selain itu, Anda juga bisa bernafas ke dalam suatu kantung kertas atau plastik untuk mengatur aliran pernapasan yang terhambat. Mudah, bukan?

2. Atur cara bernafas
Cara mengatasi cegukan yang kedua adalah dengan mengatur cara Anda bernafas. Anda bisa melakukan ini dengan menarik nafas dalam-dalam, lalu menghembuskannya kembali secara perlahan, hingga udara yang diambil habis. Lakukan hal ini beberapa kali (3-4 kali) untuk mengatasi cegukan, lalu lakukan kembali 20 menit kemudian.

3. Minum air dingin
Saat melakukan hal ini, Anda tak perlu minum cepat-cepat, karena hal ini bisa saja justru membuat Anda tersedak. Anda bisa melakukan hal ini sembari berdiri, lalu membungkuk dan posisikan mulut Anda di bagian pinggir gelas yang berlawanan dari mulut Anda.

Lalu, sembari membungkuk, miringkan gelas yang berisi air berlawanan dengan tubuh, dan mulailah minum sedikit demi sedikit. Atau, jika cara tersebut terlalu membingungkan, Anda bisa menyesap air dingin sedikit demi sedikit dari pinggiran gelas secara perlahan. Selain itu, Anda juga bisa berkumur-kumur dengan air dingin, sebelum menelannya, atau meminum segelas air hangat secara perlahan tanpa mengambil nafas, hingga habis.

4. Manfaatkan gula
Cara mengatasi cegukan yang selanjutnya adalah dengan mengulum gula di dalam mulut. Caranya, Anda cukup meletakkan sedikit gula putih atau gula kuning di lidah Anda. Saat gula meleleh di dalam lidah, telanlah dan lakukan hal ini beberapa kali hingga cegukan berkurang. Ingat, gunakan hanya sedikit gula setiap kali melakukannya, ya!

5. Gunakan cuka dan lemon
Ya, salah satu cara mengatasi cegukan adalah dengan memanfaatkan cuka. Anda bisa melakukannya dengan meneteskan beberapa tetes cuka ke dalam mulut Anda, lalu menelannya. Atau Anda bisa meletakkan sepotong irisan lemon di dalam mulut, lalu menyesapnya hingga kering. Memang kedua cara ini akan terasa sangat asam, namun tetap layak untuk Anda coba.

6. Menarik lidah
Cara mengatasi cegukan yang selanjutnya adalah dengan menarik lidah Anda. Caranya, Anda harus memegang ujung lidah dengan ari-jari Anda, lalu tariklah perlahan. Hal ini akan menstimulasi saraf vagus Anda dan meredakan kejang pada diafragma Anda, yang bisa menhentikan cegukan. Atau, Anda bisa pula menekan bagian diafragma Anda secara pelan dan lembut untuk menghentikannya.

7. Memeluk lutut
Cara mengatasi cegukan yang terakhir adalah dengan berjongkok, dengan menekuk kedua lutut Anda ke arah dada. Sembari mempertahankan posisi ini, peluklah kedua lutut Anda setidaknya selama 2 menit. Hal ini dipercaya menghentikan cegukan. Mudah, bukan?

Nah, itu tadi 7 cara mengatasi cegukan dengan tepat dan mudah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Ingat, jika cegukan tidak berhenti juga hingga lebih dari seharian, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat, ya!

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok.

Comment