Pecandu Aksara Gelar Workshop Citizen Jurnalism

oleh

Laporan : Andi Maulidiana
Anggota Pecandu Aksara

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sabtu, 12 Mei 2018, salah satu komunitas penggiat literasi Makassar, Pecandu Aksara (PA) menggelar praktek penulisan citizen jurnalism disalah satu hotel di Jalan Hertasning.

Kegiatan ini menghadirkan pemuda Makassar berpengaruh dibidang jurnalistik Fachri Djaman dan Karman Kurniawan. Keduanya juga merupakan Laskar Pecandu Aksara. Partisipan dari kegiatan ini hadir dari berbagai media kampus dan online.

Pembicara melakukan simulasi peliputan berita berupa Conference Pers dimana peserta bertindak seolah-olah sebagai wartawan dan melakukan interaksi langsung dengan pembicara dan ketua panitia.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan sekaligus menjawab pertanyaan dari masyarakat yang mengirim tulisan namun belum di post di media,” kata Marwah.

Karman kurniawan menjelaskan citizen jurnalism berawal dari tahun 2004, ditandai dari kiriman foto dan video dari masyarakat yang melaporkan kejadian tsunami di Aceh. Laporan itu jadi pusat perhatian media, kejadian tersebut berdasar dari kiriman masyarakat.

“Kaidah jurnalistik sangat penting untuk diperhatikan sebagai acuan dalam penulisan,” tambah Fachri.

Kegiatan ini nampak berbeda dari kegiatan citizen jurnalism sebelumnya, peserta aktif langsung membuat berita. “Kalau teori citizen jurnalism banyakji, tapi kalau prakteknya jarang, seperti dilakukan Pecandu Aksara hari ini,” ujar Fachri. (*)

Tinggalkan Balasan