Era Disruption Titik Balik Kebangkitan STIE-STKIP YPUP Makasaar

oleh

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Kampus STIE-STKIP YPUP Makassar kembali menggelar wisuda sarjana Ke-34 dan Pascasarjana Ke-17 sebanyak 459 alumni, pasca pencabutan  status  pembinaan dari Kopertis IX Sulawesi, Minggu (13/5/2018).

Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr H Jasruddin, M.Si yang hadir dalam acara wisuda ini, berharap, STIE-STKIP YPUP Makassar tidak perlu lagi kembali menengok kebelakang.

Atau sampai memikirkan masa lalu, tetapi tataplah masa depan  dan berkomitmen   dapat mengulangi kembali masa kejayaan masa lalu yang pernah di raih YPUP.

Mantan Direktur Pascasarjana UNM ini, mengatakan,  agar bisa mengembalikan kejayaan masa lalu YPUP Makassar harus siap menyongsong era digital atau era revolusi industry 4.0 (disruption era).

“Sesungguhnya era ini bisa dijadikan awal dari kembangkitan kembali YPUP, karenanya YPUP Makassar harus bisa mengikuti perkembangan saat ini yang serba cepat kemajuannya,”tandas doktor fisika PPs ITB ini

Sekarang ini orang  bisa di cap sebagai buta hurup, bukan karena ukurannya  yang bersangkutan tidak bisa membaca, tetapi di era digital saat ini, orang itu  baru bisa dikatakan tidak buta hurup bilamana mereka bisa ‘berselingkuh’ dengan teknologi.

“Sekaran ini telah terjadi perubahan yang sangat radikal dengan kecepatan yang sangat tinggi. Mau maju tidak hanya lari kencang, tetapi sekali-sekali lari dan melompat,”ujar Prof Jas.

Dia juga berharap agar STIE-YPUP ini selain menguasai ilmu pengetahuan informasi dan teknologi   juga harus bisa membangun interaksi dengan baik dari berbagai komponen bangsa.

Prof Jas juga menyinggung kurikulum yang dibangun tidak hanya fokus pada bagaimana alumni kita memiliki indeks prestasi yang tinggi tetapi selain itu luaran kita harus memiliki kemampuan untuk terus berinovasi serta memiliki sosial skill yang tinggi.

Hadir dalam wisuda sarjana dan pascasarjana STIE-YPUP Makassar,  Prof Dr H Mansyur Ramly (Guru Besar Kopertis IX Sulawesi DPK FE UMI yang juga anggota Majelis Akreditasi BAN-PT dan Presiden of AlCoB (APEC Leaming Community Builders) sekaligus untuk membawakan orasi ilmiah tentang ‘Reorientasi  dan Strategi Penyenggaraan Perguruan Tinggi Mmasuki Era Revolusi Industri 4.0 (Disruption Era).

Tinggalkan Balasan