FKM UMI Fasilitasi Mahasiswanya dengan Kemampuan Bahasa Asing

oleh
Begini Aktivitas WD3 FKM UMI Bimbing Skripsi Mahasiswanya

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Belajar dan menguasai bahasa asing merupakan sebuah tuntutan di zaman sekarang. Kondisi masyarakat ekonomi Asia yang menjunjung tinggi tidak adanya sekat kultur dan budaya membuat mahasiswa sebagai penerus bangsa harus memiliki keahlian mahir berbahasa asing.

Demikian disampaikan Wakil Dekan III Bidang Mahasiswa dan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) Dr. Surahjman Batara, S.KM., M.Kes.

Kata dia, saat ini pihaknya menyiapkan kursus bahasa Inggris bagi mahasiswa dan dosen. Bahkan, dalam penyelesaian tugas akhir, kedepan mahasiswa akan diwajibkan lulus tes Toefl atau Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) dengan skor tertentu.

“Untuk sekarang mahasiswa diwajibkan ikut Toefl namun standar nilainya belum kami atur,” jelasnya.

Surahman mengaku, beberapa perusahaan bahkan instansi juga kerap melakukan penyaringan pegawai dengan salah satu syaratnya yakni mahir berbahasa asing.

“Mahasiswa harus siap dengan hal itu, sebelum menjadi alumni, minimal ada keahlian yang mereka miliki yakni menguasai satu bahasa asing,” ungkapnya

Menurutnya, bkan hanya unggul dibidang pendidikan dan dakwah saja, tetapi mahasiswa yang mahir berbahasa Inggris menjadi impiannya.

“Dengan demikian, ini harus menjadi prioritas dalam pengembangan atmosfer akademik di FKM UMI. Kami juga memberikan izin kepada mahasiswa mengkuti double degree bekerjasama Akademi Bahasa Asing UMI,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan