Asyik dan Menyenangkan, Senam Zumba Juga Baik bagi Kesehatan Tubuh

BERITA-SULSEL.COM – Bagi wanita yang telah berumur, mungkin merasa minder ketika ingin memulai untuk melakukan olahraga. Selain itu, kondisi tubuh yang sudah tidak lagi prima menjadi pertimbangan lainnya untuk memulai olahraga.

Padahal, cukup membiasakan berjalan santai mengelilingi komplek setiap pagi sudah bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh. Jika tidak ingin berolahraga sendirian, mengapa tidak mencoba zumba dance untuk menjaga tubu tetap prima di usia senja?


Sejak beberapa tahun belakangan, zumba dance menjadi salah satu olahraga populer di kalangan perempuan, mulai dari siswa SMA hingga ibu rumah tangga. Selain terbukti menyehatkan, zumba dance juga menyenangkan karena dilakukan secara bersama-sama dengan gerakan yang variatif.

Memang, apa saja sih manfaat senam zumba yang bisa dirasakan oleh tubuh?

1.Melenturkan tubuh
Seiring dengan bertambahnya usia, sendi-sendi tubuh akan mulai kehilangan fleksibilitasnya. Nah, gerakan zumba dance yang seperti tarian dansa, terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur, sehingga dapat menjauhi Anda dari risiko cedera sendi.

Makanya, jangan ragu untuk rutin mengikuti senam zumba, setidaknya sekali dalam seminggu sebagai cara ampuh untuk menjaga kelenturan sendi.

2.Membakar lemak dan menguatkan otot
Setiap wanita selalu mendambakan memiliki bentuk tubuh yang kencang dan penuh lekukan bak gitar Spanyol. Sayangnya, tidak semua wanita cukup beruntung untuk memiliki tubuh seperti model Victoria’s Secret.

Selain menjaga komitmen dalam program diet yang sedang Anda jalankan, senam zumba terbukti ampuh dalam menjaga bentuk tubuh, lho! Gerakanya yang melibatkan seluruh anggota tubuh, dapat membakar lemak-lemak yang menggelambir di beberapa bagian, seperti bokong, paha, dan lengan bagian atas.

Selain itu, dengan rutin melakukan senam zumba setiap minggu, tubuh juga dapat menjadi lebih kencang dan berotot. Semakin banyak kandungan otot di dalam tubuh, maka semakin sedikit pula lemak yang menggumpal di dalamnya. Mau?

3.Mencegah stres dan depresi
Pada dasarnya, olahraga memang menjadi sarana rekreasi bagi tubuh dan jiwa. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa olahraga, termasuk senam zumba, dapat merangsang produksi hormon serotonin.

Nah, semakin banyak serotonin yang diproduksi, maka akan semakin bahagia pula perasaan Anda. Sekarang, katakan bye-bye pada stres!

4.Menyehatkan jantung
Selain dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal, senam zumba juga baik untuk menyehatkan jantung. Gerakan zumba yang cepat dan bervariasi terbukti dapat memicu peredaran darah agar berjalan lebih optimal.

Dampaknya, Anda akan terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau gagal jantung.

5. Menstabilkan tekanan darah
Mungkin banyak yang mengira kalau menjaga asupan makanan adalah satu-satunya cara untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Padahal, aktivitas fisik juga harus diperhatikan, lho!

Senam zumba yang rutin dilakukan setiap minggu, terbukti dapat menjaga Anda dari risiko terkena hipertensi. Bagi yang belum tahu, hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di atas level 140/90 mmHG, di mana tekanan darah normal berada pada level 120/80.

Itulah 5 manfaat senam zumba yang harus Anda ketahui. Khusus bagi Anda yang sudah berusia lanjut, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu durasi dan frekuensi zumba dengan dokter. Sebab, terlalu berlebihan dalam mempraktikkan olahraga ini juga tidak dianjurkan karena dapat memicu keluhan medis yang lain.

Comment