Abu Bakar Wasahua Gantikan Fatmawati di DPR RI

oleh
Abu Bakar Wasahua

BERITA-SULSEL.COM – Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel, Abu Bakar Wasahua dilantik menjadi anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW) Fatmawati Rusdi, Jumat (18/5/2018). Fatmawati Rusdi ikut bertarung di Pilkada Sidrap.

Abu Bakar sudah di Jakarta untuk mengikuti prosesi pelantikan. Rabu (16/5/2018) dilakukan gladi pelantikan di Gedung DPR RI.

Abu Bakar adalah caleg DPR RI dari Dapil III Sulsel  Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Kota Palopo, Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Pinrang dan Sidrap di pemilu 2014.

PPP Sulsel menempatkan wakilnya di DPRD Sulsel sebanyak 7 orang. Para anggota DPRD itu yakni; Andi Sugiarti Mangun Karim. Asrul Makkaraus Sujiman, Muh Taufik Zainuddin, Abd Hafid Pasiangan, Syahrir Langko, Andi Nurhidayati Zainuddin dan Abd Wahid Ismail.

Anggota DPR RI sebanyak tiga orang yakni; Amir Uskara Dapil 1 Sulsel meraih 67.925 suara; Andi Muhammad Galib Dapil II meraup 32.915 suara, kemudian digantikan Andi Jamaro Dulung, dan Fatmawati Rusdi Dapil III dengan 93.856 suara.

Abu Bakar Wasahua, adalah anggota DPRD Sulsel Fraksi PPP selama 15 tahun atau tiga periode pemilu 1999, 2004 dan 2009.

Lahir di Ambon 8 April 1961. Setamat SMA di Ambon 1982, hijrah ke Makassar lanjut studi di IAIN Alauddin Makassar Fakultas Ushuluddin jurusan dakwah.

Semasa mahasiswa aktif organisasi kampus seperti, HMI, PII, BKPMI dan berubah jadi BKPRMI. Karier politiknya diawali dari bawah, tetapi di lingkungan keluarga di Ambon, orang tuanya adalah pengurus Parmusi di desanya, sehingga pengenalan dan sosialisasi politik secara tidak langsung membekas dalam dirinya kelak di kemudian hari.

Pemilu pertama era Reformasi 1999, Abu Bakar lolos jadi anggota DPRD Sulsel daerah pemilihan Luwu.

Sehari-hari dia juga Ketua DPW Persatuan Ummat Islam (PUI) Sulsel, Ketua DPW Persaudaraan Muslimin Indonesesia (Parmusi) Sulsel, Wakil Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Wilayah Sulsel.

Selain itu dia juga menjadi Ketua Pengurus Kerukunan Warga Islam Maluku dan Maluku Utara (KWIMMU) di Makassar dan beberapa organisasi sosial lainnya.

Ikut bergabung di PPP pada pengurus wilayah di periode pertama Ketua DPW PPP Sulsel, Tadjuddin Ibrahim, pernah jadi wakil sekretaris. Wakil ketua wilayah pada periode Ketua DPW PPP, Arsyad Pana.

Tetap jadi wakil ketua pada kepengurusan wilayah PPP di masa Ketua DPW PPP, Prof Djalaluddin Rahman, Amir Uskara dan Muh Aras. (*)

Tinggalkan Balasan