Mengupas Tuntas Manfaat Puasa Bagi Perokok

BERITA-SULSEL.COM – Bulan Ramadhan merupakan waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Betapa tidak, pada waktu tersebut bagi Anda yang beragama Islam diwajibkan untuk beribadah puasa, yakni menahan diri dari segala aktivitas yang dilarang seperti berhubungan seksual, makan, minum dan merokok. Ibadah tersebut wajib dilakukan setiap hari selama sebulan penuh, mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari, jika Anda tak sedang ada halangan apapun.

Berpuasa ternyata tak hanya bernilai ibadah lho, namun juga terbukti manfaatnya secara medis untuk kesehatan tubuh terutama bagi Anda para perokok. Penasaran apa saja manfaat tersebut?


Yuk, simak 5 manfaat puasa bagi perokok berikut ini!

1. Menormalkan detak jantung
Tahukah Anda? 20 menit setelah mulai berpuasa, jantung Anda yang sebelumnya berdetak cepat akibat merokok akan melambat dan perlahan menjadi normal kembali. Bersamaan dengan itu, tekanan darah mulai turun dan sirkulasi darah di tubuh Anda akan kembali normal pula. Dengan begitu pendistribusian nutrisi dan oksigen yang terjadi di dalam tubuh akan menjadi lebih lancar.

2. Membersihkan darah dari karbonmonoksida berlebih
Salah satu dari 5 manfaat puasa bagi perokok adalah membersihkan darah dari zat karbonmonoksida yang berlebih. Asap rokok sejak lama diketahui mengandung racun berbahaya bagi tubuh, yang salah satunya adalah gas karbonmonoksida. nah, kadar yang tinggi dari zat ini di dalam tubuh Anda dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Pasalnya, karbonmonoksida memiliki kemampuan untuk mencegah oksigen memasuki paru – paru Anda. Akibatnya, darah akan kekurangan asupan oksigen. Namun perlu untuk Anda ketahui, tubuh secara alami akan membersihkan dirinya sendiri dari kelebihan karbonmonoksida setelah 8-12 jam berpuasa, efeknya adalah tubuh Anda akan terasa jadi lebih segar dari biasanya.

3. Meningkatkan fungsi paru-paru
Manfaat puasa bagi perokok yang selanjutnya adalah meningkatkan kembali fungsi paru-paru Anda, Kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan fungsi paru-paru dan meningkatkan risiko kematian akibat kanker. Meski begitu, puasa ternyata merupakan terapi yang efektif untuk mengembalikan fungsi organ pernafasan para perokok.

Hasil riset sejumlah peneliti dari Nikan Health Researchers Institute di Iran menunjukan hal tersebut. Dalam penelitian tersebut, terbukti bahwa berpuasa selama bulan Ramadhan dapat meningkatkan volume paru –paru dan memaksimalkan fungsinya. Hebat, bukan?

4. Mengurangi ketergantungan tubuh terhadap nikotin
Tahukah Anda, bahwa salah satu dari 5 manfaat puasa bagi perokok adalah mengurangi ketergantungan tubuh terhadap zat adiktif nikotin? Ya, selama menjalankan ibadah puasa, tubuh Anda akan mengeluarkan racun-racun yang berbahaya bagi kesehatan Anda, termasuk zat nikotin. Bahkan, dalam sebuah hasil penelitian yang dimuat di Journal of Education and Social Sciences, ditemukan bahwa selama menjalankan ibadah puasa ketergantungan tubuh terhadap nikotin akan berkurang drastis. Jadi, jangan kaget jika konsumsi rokok Anda akan berkurang selama berpuasa.

5. Momen yang tepat untuk berhenti merokok
Disadari atau tidak, dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan Anda akan berhenti merokok 13 jam setiap harinya selama 4 minggu penuh. Selama jangka waktu tersebut tubuh akan terbiasa dengan kadar nikotin yang lebih rendah ketimbang saat tidak berpuasa. Ketergantungan terhadap rokok pun menurun drastis sehingga akan mempermudah Anda untuk berhenti merokok secara nyata.

Nah, itu dia 5 manfaat puasa bagi perokok yang perlu diketahui. Selain bernilai ibadah, tubuh pun menjadi lebih sehat. Dan tentunya bisa juga dijadikan momentum untuk berhenti merokok secara permanen. Selamat berpuasa!

Comment