Perdagangan dan Perindustrian Gowa Pantau Harga Bahan Pokok 

oleh

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdastri) Kabupaten Gowa bersama dengan Tim Satgas Pangan Polres Gowa memantau harga sembilan bahan pokok di pasar Induk Minasa Maupa, Sungguminasa. Kamis (17/5).

Dari hasil pemantauan ini, Kepala Dinas Disperdastri Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib mengatakan, ada beberapa komoditas yang mulai naik. Diantaranya ayam, harga normalnya Rp 23.000/Kg kini naik Rp 26.000/Kg.

“Mudah-mudahan ini hanya tren kenaikan, artinya bukan karena kekurangan stok,” ujar Andi Sura disela-sela pantauannya.

Sementara itu, terkait harga ikan laut Andi Sura mengatakan, terkhusus ikan Bandeng harganya stabil, sedangkan cabe merah harganya masih stagnant masih pada harga kisaran Rp 24.000/Kg.

“Bawang merah dan bawang putih harganya juga masih stabil, hanya yang naik itu wortel, tapi tidak terlalu signifikan, kenaikannya berkisar Rp 500, rupiah hingga Rp 700 rupiah,” jelas Andi Sura.

Andi Sura mengatakan, pihaknya akan menjadwalkan pemantauan harga barang ini akan dilakukan setiap minggunya, sehingga jika ditemukan bahan pokok yang melonjak diatas kewajaran, maka sesuai instruksi bupati pihaknya akan melakukan intervensi dengan dilakukan Operasi pasar atau dilakukan evaluasi.

“Hasil dari High level meeting dua hari lalu, bapak bupati sendiri mengatakan jika kenaikan harga hanya 10 persen, maka dikatakan masih dalam hal yang wajar, karena sekali lagi ini adalah tren setiap kali menginjak bulan ramadan, jika kenaikannya sudah diatas 25 persen,” jelas Andi Sura.

Ketika ada kepanikan masyarakat dan banyak pengaduan masuk terkait kenaikan harga ini, maka Disperdastri telah menyiapkan tempat pengaduan untuk masyarakat yang mengeluh jika kenaikan harga bahan pokok melonjak drastis. (an).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *