7 Menu Sahur Sehat Ala Anak Kost

oleh
Menu Sahur Sehat Ala Anak Kost

BERITA-SULSEL.COM – Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh sebagian besar umat Muslim. Begitupun dengan mahasiswa. Bagi mereka yang tidak kost, berkumpul dengan keluarga saat makan sahur dan berbuka adalah momen yang sangat dinanti dalam bulan puasa.

Namun sepertinya, tidak demikian dengan mahasiswa yang menjadi anak kost, lantaran mereka harus bersantap sahur sendirian atau setidaknya bersama teman satu kost.

Bagaimana jika mencoba alternatif lain? Nah, berikut kami sajikan alternatif menu dan resep sahur praktis dan hemat yang bisa kamu buat di kost-an mu sendiri.

1. Telur Dadar Spesial
telor dadar spesial

Jika di kost-an mu tersedia dapur, kamu bisa memanfaatkan nya dengan membuat makanan yang dimasak untuk sahur mu. Salah satunya telur dadar spesial ini.

Bahan :

2 Butir Telur (kocok lepas)
1 buah sosis
2 siung bawang merah
2 tangkai cabai
daun bawang
sayur kol secukupnya
garam secukupnya
minyak sayur secukupnya
Cara Membuat :

iris sabai, bawang merah, daun bawang, sosis, dan kol.
kocok lepas telur.
campurkan bahan-bahan yang sudah diiris tadi ke dalam kocokan telur.
tambahkan garam secukupnya.
goreng diatas sedikit minyak yang sudah panas, goreng hingga kecoklatan.
dan voila! Telur dadar spesial buatanmu siap disantap.
Cukup mengeluarkan sedikit uang saja, makanan sehat yang kamu buat sendiri ini sudah cukup untuk memenuhi energi kamu seharian ketika berpuasa, karena telur merupakan sumber protein tertingi. Kamu juga bisa tambahkan sayur bening atau sayur tumisan untuk menambah nutrisi bagi tubuhmu.

2. Sosis dan Nugget
sosis nugget

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu alias kesiangan, kamu bisa cukup menggoreng dua makanan olahan ini. Ya, sosis dan nugget sebaiknya menjadi makanan persediaanmu yang bisa kamu olah sewaktu-waktu.

Santap dengan nasi putih yang sudah kamu masak semalam ditambah sambal saset atau saus sambal, sudah membuatmu merasa tercukupi.

3. Tumis Kangkung dan Tempe
kangkung-tumis

Tumis Kangkung dan Tempe goreng merupakan pilihan sahur sehat yang mudah untuk kamu buat.

Bahan Tumis Kangkung :

1 ikat sayur kangkung
2- 3 tangkai cabai, iris tipis.
2 siung bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih, iris tipis.
sedikit minyak goreng.
air secukupnya.
garam secukupnya.
Cara Membuat Tumis Kangkung:

panaskan sedikit minyak goreng,
tumis cabai, bawang merah dan bawang putih hingga harum.
gunakan api kecil, jangan sampai terlalu matang (gosong).
masukkan kangkung yang sudah di cuci, tumis dan masukkan air secukupnya.
tumis hingga kangkung setengah layu (jangan terlalu layu). masukkan garam secukupnya.
Aduk hingga matang, angkat dan sajikan.
Hidangkan bersama tempe goreng yang sudah dibumbui bawang putih. Hmm yummy! menu sahur sehat kamu pun siap disantap 🙂

4. Ikan Sarden

Selain sosis dan nuget, ikan sarden kaleng merupakan pilihan alternatif lain yang bisa kamu coba jika waktu mu mepet. Selain praktis, ikan sarden juga memiliki gizi yang cukup untuk harimu. Pasalnya karna kandungan protein di dalam ikan juga sangat tinggi, sehingga mencukupi kebutuhan harimu.

Kamu cukup tambahkan irisan cabai dan bawang lalu tumis dan hangatkan bersama dengan ikan sarden kaleng mu. Santap bersama nasi putih hangat dan kerupuk.

5. Nasi Goreng Telur

Jika waktu mu cukup, kamu bisa menggoreng nasi yang sudah kamu buat semalam. Cukup gunakan bumbu siap saji dan ceplokan telur untuk lauk nya, ditambah kerupuk yang kamu beli sehabis tarawih semalam. Praktis dan tentu hemat.

6. Sosis atau Nuget

Kalo kamu alergi sama telur atau males untuk ngolah sarden, kamu bisa nyetok sosis atau nuget. Sangat praktis, tinggal digoreng dadakan ajah kaya tahu bulat.

7. Abon

Abon adalah makanan yang nggak gampang basi. Asal disimpan di dalam wadah tertutup, pasti akan lebih awet. Jadi makanan yang terbuat dari daging ini pas banget kamu jadiin stok saat kamu ga sempet masak maupun lagi bokek. Kebayang dong, makan sahur pake nasi anget-anget yang ditaburi abon, nyammmm pasti enaak banget ya.

Tinggalkan Balasan