Pendaftaran Siswa SD dan SMP Segera Dibuka, Ini Syaratnya

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Proses pendaftaran dan penerimaan siswa baru di Kabupaten Gowa untuk murid  SD dan siswa SMP akan segera dibuka oleh Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

Kepala Disdik Kabupaten Gowa, Salam mengatakan dalam proses penerimaan siswa baru tahun ini, pola penerimaannya merujuk kepada Permendikbud Nomor 17 tahun 2017. Salah satu pola yang disebut dalam Permendikbud tersebut adalah jalur zonasi.


Salam mengatakan, jalur tersebut terbagi yakni pertama jalur Zonasi atau jalur domisili. Kuota siswa untuk jalur ini sebanyak 90%.

“Jadi yang dimaksud jalur domisili ini adalah jalur terdekat rumah tempat tinggal anak dengan sekolah. Kalau  rumah anak sejauh 5 Km dan paling dekat dari sekolah, maka disitulah dia disekolahkan, jadi tidak ada pembatasan angka,” ujar  Salam, Jumat (25/5).

Dalam mendaftar, para orangtua juga hanya menunjukkan bukti fisik berupa berupa Kartu Keluarga (KK), tanpa ada tes sekalipun, dengan syarat anak tersebut sudah cukup umur.

Pola kelas untuk SD masih tetap, yakni maksimal 28 orang dengan jumlah Rombongan Belajar (RB) 6 kelas, sedangkan untuk SMP kuota siswa perkelas yakni 32 orang dengan jumlah kelas 11 ruang belajar.

“Jadi bisa dihitung, misalnya SD 28×6=168, jadi hanya 168 siswa yang bisa diterima maksimal disetiap SD di Gowa,” rinci Salam.

Lebih lanjut Salam menjelaskan, jalur kedua yakni jalur Prestasi. Dimana jalur ini pun tidak dilakukan tes, hanya membawa bukti fisik berupa piagam penghargaan atau jenis penghargaan lain yang pernah diraih oleh anak tersebut.

“Jadi kalau ada anak kita yang berprestasi seperti pencak silat, karate, bukutangkis atau apapun itu, bisa sertakan piagam atau semacamnya,” tambah Salam.

Salam bahkan kembali menegaskan bahwa penerimaan siswa dan siswi SD dan SMP tahun ini tidak melalui tes apapun, melainkan hanya melengkapi persyaratan yang telah disebutkan diatas.

Dalam rapat PPDB kali ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa kembali akan mengundang Anggota DPRD Gowa Komisi IV, dengan tujuan Agar komisi IV juga mengetahui prosedur penerimaan siswa baru. (an)

Comment