Pesantren Ramadan di Rutan Enrekang Perkuat Keislaman dan Keindonesiaan

ENREKANG, BERITA-SULSEL.COM – Pesantren Ramadan tidak hanya menitikberatkan pada peningkatan kualitas keislaman. Tetapi juga mendorong peningkatan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Ketua DPD LDII Kabupaten Enrekang Hermansyah SAg mengungkapkan, LDII menginisiasi Pesantren Ramadan di Rutan Kelas II B Enrekang bukan hanya berfokus pada pendidikan keislaman. Tetapi juga berfokus pada semangat keindonesiaan, sesuai tema kegiatan.


“Hari ini kita mulai untuk menghadirkan semangat keindonesiaan,” tutur Hermansyah dalam pembukaan Pesantren Ramadanyang diikuti warga binaan di Masjid At-Taubah Rutan Kelas II B Enrekang, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Selasa (22/5/2018).

Menurut Hermansyah, LDII menyatukan semangat Islam dan keindonesiaan, sesuai kata yang tersemat dalam Lembaga Dakwah Islam Indonesia.

“Kita ingin menghadirkan semangat keindonesiaan disini. Islam yang Indonesia. Bukan Islam yang anti Indonesia,” ungkapnya.

Menurut jadwal, pesantren digelar hingga Kamis (24/5/2018). Pesantren Ramadan ini, lanjut Hermansyah, untuk mengubah suasana rutan menjadi sejuk seperti pesantren.

Pesantren Ramadan yang telah dilaksanakan sejak 2017 ini bertajuk “Meningkatkan Solidaritas Umat Islam untuk Memperkuat Semangat Keindonesiaan”. Pesantren Ramadan ini merupakan kerjasama pihak Rutan Kelas II B, LDII, Pemkab, Polres, Kodim 1419, Kementerian Agama, dan Baznas Enrekang.

Adapun Plt Bupati Enrekang HM Amiruddin, menyampaikan apresiasi kepada segenap pihak yang telah melakukan kerja cerdas sehingga Pesantren Ramadan dapat terlaksana.

“Terus melakukan pembinaan terhadap warga Negara Republik Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Enrekang,” katanya.

Pesantren Ramadan yang digelar, katanya, merupakan proses pendidikan. “Atas nama pemerintah, saya apresiasi sebesar-besarnya kepada Kepala Rutan dan LDII,” ucapnya.

Ia mengatakan, terima kasih kepada jajaran LDII Sulawesi Selatan dan Kabupaten Enrekang yang melakukan kerja cerdas.

“Sebab tidak semua lembaga melakukan seperti ini. Tetapi ada orang-orang yang memiliki pikiran yang tulus ikhlas, menjadikan manusia Indonesia seutuhnya menjadi lebih baik. Acara ini kita kemas di Bulan Ramadan,” katanya.

Dalam Pesantren Ramadan, Dandim 1419 Enrekang Letkol Inf Aries Dwiyanto menyampaikan materi wawasan kebangsaan di hadapan warga binaan dan para undangan. Pihaknya menyampaikan materi dengan tema “Bersikap Cerdas dalam Menyikapi Dinamika Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.

Comment