Penyebab Kanker Darah yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

oleh

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Ketika mendengar istilah penyakit kanker, siapapun dapat merinding dibuatnya. Begitu banyak kasus kanker yang akhirnya menyebabkan seseorang berujung pada kematian. Selain itu, setiap bagian tubuh bisa terkena kanker, mulai dari otak, tulang, kelenjar getah bening, termasuk kanker darah atau leukimia.

Predikatnya yang dikenal menyebabkan kematian, tak lain dan tak bukan disebabkan karena belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan kanker darah secara total. Mengerikan, bukan?

Makanya, agar dapat terhindar dari ancaman penyakit mematikan ini, simak terus penyebab kanker darah berikut ini!

1. Kebiasaan merokok

Tidak bisa dipungkiri, budaya masyarakat Indonesia sudah begitu lekat dengan rokok. Namun, jika melihat risiko kesehatan yang dapat mengganggu kesehatan jantung dan paru-paru, bahkan hingga kanker darah, masihkah Anda mau menghisap benda ini?
Dari sekian banyak jenis kanker darah yang siap mengintai para perokok, kanker darah mielogen akut merupakan jenis yang harus diwaspadai. Daripada uang habis untuk merokok, akan jauh lebih baik untuk menyimpan uangnya untuk tabungan rumah, bukan?

2. Riwayat keluarga

Penyebab kanker darah yang selanjutnya adalah riwayat keluarga yang pernah atau tengah menderita penyakit serupa. Memang, terlahir di keluarga dengan riwayat kanker darah bukanlah sesuatu yang dapat Anda hindari.

Namun, setidaknya dengan mengetahui bahwa hal ini merupakan faktor peningkat risiko, Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini. Jangan patah semangat!

3. Jenis kelamin dan umur

Jenis kelamin dan umur -dua faktor peningkat risiko kanker darah yang sering terlewat. Faktanya, semakin bertambah usia Anda, maka semakin rentan pula terserang penyakit mematikan ini.

Selain itu, banyak studi mengungkapkan bahwa pria lebih berisiko mengidap beberapa jenis kanker darah (CLL, CML, dan AML) dibanding wanita. Mengejutkan, bukan?

Paparan radiasi atau bahan kimia tertentu
Paparan radiasi atau bahan kimia tertentu memang dapat memicu pertumbuhan sel di luar kendali, sehingga memicu timbulnya kanker, termasuk kanker darah. Untuk paparan radiasi, biasanya hal ini sering dialami oleh mereka yang bekerja di pusat pengembangan reaktor nuklir.

Sedangkan untuk faktor paparan bahan kimia tertentu, biasanya hal ini dialami oleh mereka yang sering terkena benzena (senyawa kimia yang terkandung di dalam bensin).

Pengalaman menjalani pengobatan kanker
Pengobatan kemoterapi, khususnya yang memanfaatkan radiasi sinar radiokatif, memang dianggap sebagai pengobatan kanker paling efektif. Namun, hal tersebut menjadi pedang bermata dua.

Di satu sisi, cara ini dianggap ampuh untuk membunuh sel kanker. Namun, di sisi lain kemoterapi terbukti dapat memengaruhi sel di tingkatan DNA. Inilah mengapa mereka yang pernah menjalani pengobatan serupa terbukti lebih rentan terkena kanker darah.

5. Rendahnya sistem imun

Terakhir, penyebab kanker darah yang harus diketahui adalah rendahnya sistem imun. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang hendak menjalani operasi transplantasi organ. Untuk menekan kemungkinan adanya penolakan tubuh terhadap organ baru, pasien biasanya disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan penekan sistem imun.

Nah, salah satu bahaya dari prosedur ini adalah semakin rentannya tubuh terkena kanker darah.

Itu tadi 7 penyebab kanker darah yang patut Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *