Abaikan Tekanan, Inggris Akan Menikmati Piala Dunia

BERITA-SULSEL.COM – Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate menjelaskan bahwa dia tidak terlalu memikirkan persoalan tekanan skuatnya saat berlaga di Piala Dunia 2018 Rusia satu pekan mendatang.

Menurutnya, tekanan bukanlah hal yang begitu mengkhawatirkan. Sebab bagi Southgate tekanan hanya bergantung pada persepsi pemain.


“Tekanan adalah apa yang anda lihat secara demikian dan itu dipengaruhi oleh apa yang anda baca dan lihat,” jelas Southgate di fourfourtwo.

Dia pun menilai tekanan tersebut juga bisa diubah menjadi sesuatu yang positif, yang justru akan meningkatkan performa tim.

Selain itu, Southgate menggarisbawahi bahwa tekanan itu tidak akan dihadapi oleh seorang pemain saja. Mereka, satu skuat, akan mengatasinya bersama.

Dia bahkan mengambil contoh ekstrem yang dialami para tentara di medan perang, tekanan mereka jauh lebih kuat.

“Ada beberapa marinir yang kehilangan anggota badannya di beberapa situasi. Apa yang akan menekan kami?”

“Kami akan pergi ke Piala Dunia, sorotan utama dari karier setiap pemain, kami adalah rekan yang pergi bersama untuk bermain di Piala Dunia, ini fantastis,” imbuhnya.

Terlebih, Southgate menilai cara paling ampuh untuk mengabaikan tekanan tersebut adalah dengan menikmati setiap momen dan pengalaman yang dijalani bersama.

“Anda ingin menghadapi pertandingan penting dengan jati diri anda, jika itu adalah tekanan, baiklah. Tapi kami hanya bisa mengontrol performa dan latihan kami. Kami harus menikmati pengalaman itu,” tutupnya.

Comment