Kapolres dan Kadis Pedasatru Gowa Pantau Harga Kebutuhan Pokok

oleh

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperdastri) Kabupaten Gowa bersama Polres Gowa dan Dandim 1409 menggelar operasi pasar dengan turun langsung memantau harga sejumlah jenis kebutuhan pokok (sembako) menjelang Hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Operasi dilakukan di Pasar Induk Minasamaupa dan Pasar Sentral Sungguminasa, Kamis (7/7/2018).

Operasi pasar yang dipimpin langsung Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga  dan Kepala Dipedastri Gowa, Andi Sura Suaib ink dilakukan guna mengecek harga bahan pokok baik itu di tingkat distributor dan pengecer. Rencananya operasi pasar ini akan berlangsung hingga H-1lebaran nanti.

Dalam operasi pasar yang berlangsung di Pasar Induk Minasamaupa, Kepala Diperdastri Andi Sura, menekankan kepada pihak pedagang dan distributor agar kiranya bahan pokok yang di perjual belikan jangan sampai mengalami lonjakan.

“Kami tekankan kepada pedagang untuk tetap menstabilkan harga bahan pokok dan jangan semenah-menah menaikkan harga secara subyektif atau sepihak  ” tegas Andi Sura

Ia menambahkan, jika barang yang diperjual belikan kurang, biasanya akan ada peningkatan tetapi jika barang mencukupi tetapkanlah harga yang rasional,  jelas Andi Sura.

Hal senada juga di ungkapkan Kapolres Gowa AKBP Shinto silitonga. Dalam opersai pasar yang berlangsung ia mengungkapkan bahwa Satuan Tugas dan Pangan akan melakukan tindakan tegas saat pengecer menaikkan  harga jauh di atas harga yang ditetapkan oleh pemerintah.

“kami akan melakukan penyitaan terhadap barang yang mengalami kenaikan harga yang tidak rasional” ujar Shinto.

Selain itu juga Shinto melakukan penyitaan terhadap beberapa jenis barang yang tidak layak konsumsi (kadaluarsa), seperti sambal dan  bumbu penyedap rasa.

Dalam operasi pasar itu beberap jenis  bahan pokok yang ditemukan mengalami kenaikan harga seperti garam, telur, dan cabai.   Bahkan kenaikannya sedikit lebih tinggi dari harga yang ditetapkan pemerintah. (an).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *