Dinas Peternakan Gowa Jamin Stok Daging Sapi dan Ayam Aman 

oleh

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan mengkonsumsi daging dan ayam saat lebaran, pihak Dinas peternakan dan Perkebunan Gowa menyiapkan 72.000 kg Daging dan 997.245 ekor ayam. Dengan demikian dapat dipastikan kebutuhan masyarakat akan terpenuhi.

“Masyarakat tidak usah risau apalagi takut untuk tidak  mendapatkan daging sapi dan ayam, karena stok kita melebihi dari permintaan, pasar,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, Suhriati di Sungguminasa,  Jumat (8/6/2018).

Suhriati menyebutkan untuk kebutuhan masyarakat yang akan menkomsumsi daging sapi itu sesui permintaan hanya 39.434 kg, sedangkan stok daging yang tersedia mencapai 72.000 Kg yang berarti masih ada cadangan stok 32.566 kg daging. Begitupula dengan ayam sesui kebutuhan hanya 501 889 ekor, namun stok yang disiapkan mencapai 997.245 ekor, yang berarti ada kelebihan stok sebanyak 495.356 ekor.

Hanya saja kata Suhriati untuk stok telur masih kurang, karena permintaan mencapai 530.569 butir sedangkan produksinya hanya 367.744 butir saja.

“Kalau daging dan ayam stok kita malah lebih, hanya telur ayam saja yang kita kurang produksi karena tidak seimbang dengan permintaan, namun itu tidak ada masalah karena kita mendapatkan suplai dari kabupaten sidrap,” terang nya.

Selain itu untuk mamastikan kesehatan hewan yang akan disembelih, Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa juga memperketat pengawasan di Rumah Potong Hewan (RPH) dengan melibatkan Polis dan Satpol PP.

“Untuk memastikan hewan itu layak dikomsumsi dimasyarakat kita melakukan pengawasan dan memeriksa kesehatan hewan. Jadi setiap hewan yang akan disembelih pasti diperiksa terlebih dahulu oleh dokter hewan yang menanganinya,” jelasnya pula. (an)

Tinggalkan Balasan