KPU Sulsel Target Partisipasi Pemilih 78 Persen

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan berharap partisipasi pemilih di Pemilihan Gubernur 2018 meningkat. Ditargetkan 78 persen pemilih menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak pada 27 Juni.

“Untuk partisipasi pemilih kita targetkan 78 persen. Ini naik dari Pilgub sebelumnya dengan partisipasi pemilih 73 persen,” kata Humas KPU Sulsel Asrar Marlang, Jumat 8/6/2018).


KPU menyiapkan 6.022.987 surat suara untuk Pilgub Sulsel. Rencananya, surat suara ini mulai dibagikan pada Jumat (8/6) besok ke seluruh kabupaten/kota. Surat suara ini akan ditambah dengan surat suara cadangan sebanyak 150.547 lembar.

Pemilih nantinya akan terbagi dalam 17.132 tempat pemungutan suara (TPS). Pada Pilgub sebelumnya, jumlah pemilih terdaftar mencapai 6.323.711 orang.

“Kita harapkan data pemilih semakin baik dan tingkat akurasi juga cukup tinggi. Persentase jumlah pemilih yang naik dari pilgub sebelumnya dikarenakan sosialisasi yang cukup gencar dan para calon melakukan kampanye langsung ke masyrakat,” terangnya.

Asrar berharap pelaksanaan pilgub Sulsel dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tagline KPU Sulsel tentang pilkada yang berbudaya dan bermartabat.

“Masing-masing paslon berkampanye dengan santun dan menghargai kearifan lokal supaya lancar. Ini juga menjadi bagian dari pendidikan politik,” ujarnya.

Ada 4 pasangan calon di Pilgub Sulsel yang akan bersaing yaitu Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar, Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.

Comment