Inspeksi Stadion Venue Asian Games, AFC Puas

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menggelar inspeksi venue pertandingan dan latihan Asian Games 2018 cabang olahraga sepak bola pria dan wanita. Inspeksi dilakukan dari tanggal 3 hingga 8 Maret 2018 di Jawa Barat dan Palembang.

Pada inspeksi ini delegasi AFC dari Departemen Kompetisi, Brian See didampingi oleh Direktur Kompetisi PSSI Ronny Suhatril, Direktur Keanggotaan PSSI Dessy Arfianto, dan INASGOC, meninjau Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Stadion Patriot Bekasi, dan Stadion Pakansari Kabupaten Bogor. Sebelumnya perwakilan juga telah mengecek Stadion Gelora Sriwijaya dan Bumi Sriwijaya, Palembang.


Inspeksi ini dilakukan secara detail, menyeluruh dan lengkap. Hal ini agar saat berlangsung Asian Games bulan Agustus mendatang dapat berjalan baik dan tidak ada kendala. Sejumlah stadion yang disiapkan jadi venue Asian Games mendapatkan penilaian positif dari Brian See, ia mengatakan sangat puas dengan progres yang ada.

“Progresnya cepat sekali bila kita bandingkan saat pertama kali datang ke sini pada Maret lalu. Mungkin ada beberapa bagian yang harus di finalisasi lagi. Namun secara keseluruhan Indonesia sudah siap untuk sepak bola,” kata Brian See.

“Venue-venue untuk sepak bola wanita di Palembang dan sepak bola pria di Bandung, Bogor dan Bekasi kami nyatakan sudah layak untuk jadi venue Asian Games,” tambah Brian.

Selain mengecek tempat bertanding, rombongan juga menginspeksi tempat latihan seperti di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Arcamanik, Lapangan ITB, Lapangan Unpad, Lapangan Sutasoma, Lapangan LFA, Lapangan ABC, Stadion Persikabo dan Stadion Pajajaran Bogor.

“Semua venue stadion menunjukkan progres yang baik. Terima kasih dan apresiasi kepada INASGOC dan Kementerian PU PR yang telah mengerjakan, menyempurnakan dan melengkapi kelengkapan stadion dan tempat-tempat latihan cabang sepak bola yang sudah disampaikan Tecnical Delegate beberapa waktu lalu. Kami yakin semua akan siap untuk sukseskan Asian Games. Nanti pada bulan Juli akan ada inspeksi terakhir oleh AFC,” kata Ronny Suhatril.

“PSSI juga meminta Kementerian PU PR dan INASGOC untuk terus memberikan pengawasan, terkait pengerjaan finalisasi stadion, seperti perawatan rumput hingga kelengkapan stadion yang sudah masuk dalam catatan technical delegate. Sehingga pelaksanaan Asian Games nantinya bisa optimal dan sukses,” tambah Ronny.

Comment