Dosen Kopertis IX Profesor Sosiawan Ma’mun Meninggal Dunia

BERITA-SULSEL.COM – Salah satu Dosen dipekerjakan Kopertis  IX (DPK) di STKIP Pembangunan Indonesi Makassar, Prof Dr. Sosiawan Ma’mun, SE, MM, Senin (11/6/2018) pukul 18.30 WITA meninggal dunia di rumah Sakit Stella Maris.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua I Bidang Akademik STKIP Pembangunan Indonesia  Makassar, Drs. Ahmad Hasyim, M.Si di rumah duka BTN Minasa Upa Blok D4/No.26 Makassar.


Kata dia, almarhum meninggal dunia setelah dua hari di rawat di rumah sakit karena penyakit tumor di bawah lidahnya.

Sejak diserang tumor itu, profesor satu-satunya yang ditempatkan Kopertis IX di kampus STKIP PI ini sudah sering keluar masuk rumah sakit.

“Akibat serangan tumor itu, almarhum beberapa bulan sebelum meninggal dunia  agak sulit berbicara,” kata Ahmad.

Sesuai rencana, kata Admad, jenazah almarhumah akan dikebumikan di Pemakaman Umum Pabbangiang Gowa, Selasa (12/6/2018).

Almarhum lahir di Buton, 1 Juni 1954.  Meraih jabatan akademik Lektor Kepala 1 Januari 1998 dengan pangkat golongan Pembina Utama Muda IV/C.

Karier selaku pendidik sudah dijalani dalam rentang waktu panjang, sarjana muda pendidikan IKIP Ujung Pandang 1978, sempat jadi guru honor di SMA 4 Makassar serta dosen di AMKOP Ujung Pandang.

Sejak 1980-1985  jadi Guru SMA Negeri 277 Sinjai. Setelah itu beralih jadi dosen dan di tempatkan di STISIPOL 17 Agustus 1945 Makassar.

Isteri dari Drs. Muallim Dg. Mangemba,M.Si, di kampus menjabat ketua periode 2007-2013. Periode sebelumnya di kampus itu pernah jadi wakil ketua I dan II

Awal 2014 pindah kampus ke STIE Amkop, mencapai impian semua dosen dapat meraih jenjang tertiggi pangkat akademik selaku  profesor ke-48 di lingkup Kopertis IX Sulawesi.

Di STIE Amkop tidak lama kemudian pindah ke PPs STKIP PI Makassar dan diberi amanah jadi Ketua Prodi S2 Pendidikan Ekonomi.

Masa-masa kecil dijalani di Selayar, tamat SD Negeri 2  Benteng Selayar 1967. Lanjut SMEP Negeri Bulukumba dan tamat 1970. 

Tamat SMEA Negeri Bulukumba 1973. S1 Ekonomi Manajamen FE UMI Makassar 1982. S2 Manajemen PPs-UMI Makassar 2003 serta S3 Manajemen PPs-UMI 2012.

Ketua STKIP PI Makasaar, Dr. Muh Yunus, M.Pd  menilai sosok almarhum sebagai pekerja keras, tegas dan disiplin. Selain itu dia juga bersahabat dan berjiwa sosial, tegas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Salah seorang anak didiknya di SMAN 277 Sinjai, Drs. Irwan Kasim,   Guru SMPN 1 Mappakasunggu Takalar, menilai almarhum sosok pendidik yang sulit dilupakan.

“Almarhum tegas tetapi menyayangi para muridnya. Berwibawa serta siswanya segan kepadanya. Dia cepat dan mudah dimengerti dan dipahami kalau mengajar di kelas,” kata sarjana pendidikan sejarah IKIP Ujung Pandang ini.(*)

Comment